UDiNus Repository

SISTEM PAKAR BIMBINGAN KONSELING SISWA BERMASALAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 BREBES

PANDU, BUANA TARUNA (2017) SISTEM PAKAR BIMBINGAN KONSELING SISWA BERMASALAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 BREBES. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3807b) | Preview

    Abstract

    Bimbingan konseling di dalam sekolah bertujuan untuk membimbing dan mengawasi perkembangan perilaku siswa agar tidak menyimpang dari norma yang berlaku di masyarakat. Namun dalam menerapkan pelayanan BK di Madrasah Aliyah Negeri 1 Brebes terdapat berbagai hambatan dan gangguan yang terjadi, diantaranya siswa beranggapan guru BK identik dengan sifat yang keras. Guru BK sering dijauhi oleh siswa yang mempunyai permasalahan. Sehingga permasalahan yang dihadapi oleh siswa tidak mendapatkan solusi dan bahkan akan terus menyimpang dari norma. Sistem pakar yang dibangun dengan menggunakan metode forward chaining. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah waterfall. Dengan mengimplementasikannya ke dalam program website menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Hasil akhir dalam penelitian ini adalah siswa dapat melakukan bimbingan konseling dan mendapatkan solusi terhadap masalah yang dialaminya, tanpa bertatap muka secara langsung dengan guru BK. Kemudian Guru BK dapat melihat masalah yang dialami oleh siswanya.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:49
    Last Modified: 04 May 2017 15:49
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22079

    Actions (login required)

    View Item