UDiNus Repository

PENGAMANAN SOAL UJIAN SEKOLAH DENGAN ALGORITMA KRIPTOGRAFI ADVANCE ENCRYPTION STANDARD (AES) DAN METODE STEGANOGRAFI END OF FILE PADA SMA NEGERI 1 WELERI

ARDIANT, HASTAKA YOSA (2017) PENGAMANAN SOAL UJIAN SEKOLAH DENGAN ALGORITMA KRIPTOGRAFI ADVANCE ENCRYPTION STANDARD (AES) DAN METODE STEGANOGRAFI END OF FILE PADA SMA NEGERI 1 WELERI. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4089b) | Preview

    Abstract

    Kemajuan teknologi telah berkembang pesat, khususnya pada pertukaran informasi yang semakin global. Kemampuan untuk mengakses serta bertukar data sudah sangat cepat. Hal ini juga mempengaruhi dunia kriminalitas pada dunia maya atau lebih dikenal dengan cyber crime. Seorang atau kelompok secara sengaja mengambil dan menyebarluaskan ataupun menggunakan sebuah informasi penting tanpa tanggung jawab. dengan demikian perlunya sebuah pengamanan untuk menjaga kerahasiaan suatu data. Pengamanan data pada SMA Negeri 1 Weleri terutama pada data soal-soal ujian berangkat dari rentannya data yang berada di computer tanpa pengamanan khusus. Terlebih lagi tentang keluhan bocornya soal-soal ujian yang beredar luas di kalangan siswa dalam bentuk dokumen dalam smartphone mereka. Sehingga dilakukan cara atau metode untuk mengamankan data yang penting terutama soal ujian. Metode yang akan digunakan dalam penelitian tugas akhir ini adalah AES sebagai algoritma kriptografinya dan End of File sebagai Metode penyisipannya. Sehingga keamanan akan lebih terjaga dengan memperkuat keamanan serta menyembunyikannya dalam suatu berkas yang lain. Hasilnya data akan lebih terjaga kerahasiaannya dan dapat diakses kembali dengan aman. Selain itu dapat diaplikasikan pada tahun-tahun kedepan.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:50
    Last Modified: 04 May 2017 15:50
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22087

    Actions (login required)

    View Item