UDiNus Repository

PENERAPAN FORWARD CHAINING DAN CERTAINTY FACTOR DENGAN MENGGUNAKAN KARAKTERISTIK PENGGUNA SEBAGAI PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM MEMILIH SISTEM OPERASI PADA SMARTPHONE

YOGA, PERMANA SATRIA (2017) PENERAPAN FORWARD CHAINING DAN CERTAINTY FACTOR DENGAN MENGGUNAKAN KARAKTERISTIK PENGGUNA SEBAGAI PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM MEMILIH SISTEM OPERASI PADA SMARTPHONE. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Perkembangan smartphone yang sangat cepat dan semakin banyak menjadikan proses yang lama bagi masyarakat untuk mendapatkan pilihan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Pertanyaan yang sering kali ditanyakan oleh masyarakat ketika akan membeli sebuah smartphone adalah merek dan seri dari perangkat tersebut. Karena kebanyakan dari masyarakat tidak begitu mempertimbangkan sistem operasi yang dimiliki oleh perangkat tersebut, asalkan sistem operasi tersebut banyak digunakan oleh masyarakat umum. Seharusnya yang menjadi pertimbangan utama dalam memilih smartphone adalah karakteristik dari pengguna sendiri dan bagaimana pengguna mempergunakan smartphone tersebut. Setiap sistem operasi sengaja dirancang berdasarkan apa yang dibutuhkan konsumen dan melakukan penyesuaian terhadap karakter masyarakat. Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan merancang sebuah aplikasi atau sistem pendukung keputusan dengan menerapkan metode forward chaining dan certainty factor dimana metode forward chaining digunakan sebagai proses pelacakan dan certainty factor merupakan cara untuk membuktikan apakah suatu fakta itu pasti ataukan tidak pasti. Metode ini cocok digunakan untuk mendiagnosis sesuatu yang belum pasti dengan melakukan perhitungan secara akurat untuk menentukan nilai kenyakinannya. Sistem pendukung keputusan ini mampu membantu dan memberikan saran kepada masyarakat dalam menentukan smartphone atau sistem operasi smartphone yang sesuai.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:50
    Last Modified: 04 May 2017 15:50
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22090

    Actions (login required)

    View Item