UDiNus Repository

PERBANDINGAN ALGORITMA PERHITUNGAN JARAK MENGGUNAKAN ECUILDEAN DAN MANHATTAN DISTANCE PADA K-NEAREST NEIGHBOR GUNA KLASIFIKASI CITRA JENIS MOBIL RODA EMPAT

ERLANGGA, ANGGRIWAN FERY (2017) PERBANDINGAN ALGORITMA PERHITUNGAN JARAK MENGGUNAKAN ECUILDEAN DAN MANHATTAN DISTANCE PADA K-NEAREST NEIGHBOR GUNA KLASIFIKASI CITRA JENIS MOBIL RODA EMPAT. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3707b) | Preview

    Abstract

    Perhitungan nilai kesamaan suatu citra merupakan salah satu komponen esensial dari hasil proses suatu algoritma ataupun metode untuk mencocokkan antara citra hasil training dengan citra baru sebagai pembanding. Salah satu tahap pencocokan kesamaan ataupun kemiripan ciri-ciri suatu citra adalah dengan menggunakan metode pengukuran jarak. Beberapa metode pengukuran jarak dalam mengukur tingkat kesamaan (similarity) atau kemiripan suatu citra diantaranya menggunakan jarak Euclidean dan Manhattan/City Block Distance. Penggunaan metode pengukuran jarak banyak digunakan dalam algoritma pengklasifikasian atau pendeteksian, Ada beberapa metode yang sering digunakan salah satunya adalah dengan algoritma K-Nearest Neighbour (KNN). Dengan membandingkan 2 metode pengukuran jarak menggunakan algoritma K-NN, akan diketahui metode pengukuran jarak mana yang memiliki tingkat akurasi paling tinggi dengan melakukan pengujian terhadap citra jenis mobil.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:51
    Last Modified: 04 May 2017 15:51
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22101

    Actions (login required)

    View Item