UDiNus Repository

REKOMENDASI JALUR PEMINATAN PADA PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA-S1 UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO MENGGUNAKAN METODE CLUSTERING K-MEDOIDS

RAMA, SAPUTRA EDWAR (2017) REKOMENDASI JALUR PEMINATAN PADA PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA-S1 UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO MENGGUNAKAN METODE CLUSTERING K-MEDOIDS. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4045b) | Preview

    Abstract

    Dengan semakin bertambahnya mahasiswa pada program studi Teknik Informatika-S1 Universitas Dian Nuswantoro yang akan menentukan pilihan kuliah peminatan, dibutuhkan sebuah metode untuk membantu mahasiswa menentukan pilihan kuliah peminatan tersebut. Penerapan Data Mining dirasa cocok untuk menjadi solusi dari masalah tersebut, dimana serangkaian proses untuk menggali nilai tambah berupa informasi yang tidak diketahui secara manual dapat diketahui dan diolah menjadi informasi yang lebih berharga dengan cara mengekstraksi dan mengenali pola yang penting atau menarik. Tujuan utama dari penelitian ini adalah melakukan penerapan metode data mining pada aplikasi yang akan dibangun menggunakan algoritma K-Medoids dalam melakukan pengelompokan terhadap data mahasiswa program studi Teknik Informatika-S1 Universitas Dian Nuswantoro berdasarkan kemampuan akademisnya. Metode yang digunakan disini adalah K-Medoids, dimana algoritma tersebut berguna untuk melakukan clustering terhadap dataset dan merupakan pengembangan dari algoritma K-Means yang melakukan pengelompokan iteratif yang melakukan partisi set data ke dalam sejumlah k cluster yang sudah ditetapkan. K-Means meminimalkan total squared errors, sedangkan K-Medoids meminimalkan jumlah dissimilarities antara titik yang ada pada sebuah cluster dengan titik tengah dari cluster tersebut.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:51
    Last Modified: 04 May 2017 15:51
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22106

    Actions (login required)

    View Item