UDiNus Repository

Steganografi Citra Gambar Dengan Metode Least Significant Bit ( LSB) menggunakan Algorithma Enkripsi Vigenere Stream Chipper

ALFAS, WAFA SIRRIL (2017) Steganografi Citra Gambar Dengan Metode Least Significant Bit ( LSB) menggunakan Algorithma Enkripsi Vigenere Stream Chipper. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3707b) | Preview

    Abstract

    Berbagai ancaman didunia maya seperti hacker, cracker, carder, membuat orang khawatir akan keamanan informasi yang dikirimnya. Untuk meningkatkan keamanan dalam penyembunyian pesan, maka penulis akan menggabungkan steganografi mengguakan metode least significant bit (LSB) dan enkripsi untuk menyembunyikan pesan. Setelah menghasilkan citra yang telah disisipi pesan rahasia, file tersebut dapat disebarkan ke internet dan hanya pemilik yang memiliki kunci yang dapat mengambil pesan rahasia yang terdapat didalam citra. Dari hasil uji program diperoleh gambaran keamanan pesan rahasia yang di kirimkan kepada penerima cukup aman, dilihat dari beberapa kali percobaan untuk melakukan perubahan atau menambahkan gangguan pada citra namun tidak dapat mengungkap pesan rahasia yang ada dalam citra tersebut. Dapat disimpulkan bahwa steganografi menggunakan metode least significant bit mempunyai sifat mudah rusak (fragile). Metode ini agar dapat kombinasikan kedepannya dengan metode lain agar pesan yang mengalami serangan tetap dapat dibaca oleh penerima.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:53
    Last Modified: 04 May 2017 15:53
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22119

    Actions (login required)

    View Item