UDiNus Repository

UPAYA MEMPERKENALKAN JAMU TRADISIONAL KEPADA ANAK MELALUI GAME

MOHAMMAD, IMRON (2017) UPAYA MEMPERKENALKAN JAMU TRADISIONAL KEPADA ANAK MELALUI GAME. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3978b) | Preview

    Abstract

    Jamu merupakan obat alami yang memiliki khasiat tersendiri terhadap tubuh. Jamu tradisional kemudian menjadi penting karena memiliki banyak manfaat bagi peminumnya. Karena banyak orang yang kurang paham akan manfaat dari jamu mereka menjadi tidak suka meminumnya, tak terkecuali anak-anak. Sehingga perlu adanya pembelajaran atau pemahaman tentang jamu tradisional untuk anak-anak agar tertanam rasa cinta budaya minum jamu sejak dini dengan menggunakan media game. Melalui metodepenelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data yaitu wawancara dan observasi, didapatkan data bahwa anak-anak kurang menyukai jamu tradisional. Data kemudian dianalisis menggunakan metode analisis (5W+1H) dan disimpulkan bahwa perlu adanya pengenalan jamu tradisional dengan media game. Pendekatan dengan media game dipilih karena media game mengandung semua aspek dari segi visual, audio dan juga interaksi didalamnya. Berdasarkan target audience yaitu anak-anak dengan usia 6-12 tahun game ini akan dikemas dalam bentuk game mobile android, serta dikemas dalam visual 2 dimensi agar anak-anak lebih tertarik memainkannya. Hasil perancangan ini yaitu berupa game adventure dengan nama GOJAMU yang memperkenalkan jamu melalui power up dalam game.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Desain Komunikasi Visual
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:53
    Last Modified: 04 May 2017 15:53
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22128

    Actions (login required)

    View Item