UDiNus Repository

Perancangan Game Gema Negeriku Sebagai Upaya Penanaman Rasa Cinta Tanah Air Pada Anak-Anak Melalui Lagu Nasional Indonesia.

ANGGUN, DEWI CYNTHIA (2017) Perancangan Game Gema Negeriku Sebagai Upaya Penanaman Rasa Cinta Tanah Air Pada Anak-Anak Melalui Lagu Nasional Indonesia. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Rasa cinta tanah air merupakan salah satu nilai pendidikan karakter. Rasa cinta tanah air didefinisikan sebagai rasa kebanggaan, rasa memiliki, rasa menghargai, rasa menghormati, dan loyalitas yang dimiliki oleh setiap individu pada Negara. Namun sekarang ini rasa cinta tanah air di Indonesia mulai memudar. Melalui metode penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan metode pengumpulan data yaitu observasi, kuisioner, wawancara, studi kepustakaan, dan studi visual, didapatkan data bahwa generasi bangsa Indonesia rawan akan hilangnya rasa cinta tanah air, dilihat dari generasi yang tidak memahami makna dan semangat juang dalam lagu-lagu nasional Indonesia. Data kemudian dianalisis menggunakan metode kliping (5W+1H) dan disimpulkan bahwa perlu adanya kampanye menanamkan rasa cinta tanah air melalui lagu nasional pada anak-anak usia sekolah dasar 7 -12 tahun melalui cara yang inovatif, menarik, dan edukatif, yaitu dengan perancangan game rhytm Gema Negeriku. Berdasarkan hasil kuisioner 60% responden lebih menyukai game mobile karena bersifat portable, sehingga game Gema Negriku dikemas dalam visual 2D yang menggunakan platform android. Bila dibandingkan dengan sistem pembelajaran yang bersifat formal saja, pembelajaran cinta tanah air melalui lagu nasional secara interaktif , sederhana, dan penyampaian pesan secara langsung menjadi kunci dalam game ini. Adapun bentuk cinta tanah air salah satunya adalah mengetahui, memahami dan menjaga identitas Negara Indonesia, menghargai jasa pahlawan, menjaga dan melestarikan kebudayaan Indonesia. Bentuk-bentuk cinta tanah air tersebut dihadirkan dalam game yang menarik dan inovatif sehingga target audience dapat aktif dalam pembelajaran.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Desain Komunikasi Visual
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:55
    Last Modified: 04 May 2017 15:55
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22144

    Actions (login required)

    View Item