DWI, JATMIKO (2017) PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PENGUNJUNG WISATA KABUPATEN PACITAN JAWA TIMUR. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Kota Pacitan merupakan daerah terpencil di pesisir pantai selatan pulau jawa termasuk dalam pegunungan sewu pulau jawa, tidak banyak yang mengetahui jika kota kecil ini menyimpan surga dunia yang dapy dijadikan sebagai tempat destinasi wisata. Kota yang mendapat julukan Paradise Of Java ini tidak kalah dibandingkan dengan destinasi wisata yang berada di gunung kdul dan jogja, serta wonogiri. Agar hal-hal tersebut dapat terlihat oleh masyarakat luas khususnya para pecinta travelling dan para wisatawan lokal maupun asing. Maka perlu dibuat sebuah media iklan dengan bertujuan media iklan berguna untuk memperkenalkan destinasi wisata Pacitan. Iklan dirancang dengan cara mengumpulkan data melalui proses wawancara dengan pihak-pihak pariwisata dan observasi non- partisipatif guna memperoleh data- data yang valid sebagai informasi sebuah iklan serta mencari data edukatif melalui buk dan internet.Sebagai informasi tambahan yang kemudian dianalisis dengan metode analisi SWOT. Hasil dari analisis tersebut adalah sebuah media iklan dalam bentuk baliho yang menginformasikan tentang destinasi wisata. Iklan juga di iklankan pada media pendukung seperti brosur, buku panduan, spanduk, iklam media social ( facebook dan instagram ) dengan tema extreme Adventure. Dengan adanya perancangan ini diharapkan mampu untuk memabntu meningkatkan para wisatawan berkunjung ke kota Pacitan, banyak yang mengetahui destinasi yang belum terungkap ke khalayak umum.
Actions (login required)