UDiNus Repository

EVALUASI SISTEM E-FILLING BERDASARKAN COBIT 5 DENGAN DOMAIN MEA 01 PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA CANDI SARI KOTA SEMARANG

MUHAMMAD, ASKHAN IQBAL (2017) EVALUASI SISTEM E-FILLING BERDASARKAN COBIT 5 DENGAN DOMAIN MEA 01 PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA CANDI SARI KOTA SEMARANG. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Teknologi informasi memliki peran yang sangat penting untuk mendukung tujuan pecapaian suatu kegiatan dalam organisasi maupun instansi. Instansi menempatkan teknologi informasi sebagai suatu hal yang dapat mendukung pencapaian rencana strategis instansi untuk mencapai sasaran visi, misi dan tujuan intstansi tersebut. Untuk mendukungnya, dibutuhkan suatu kegiatan pengawasan, evaluasi, dan penilaian kinerja terhadap teknologi informasi tersebut. Kantor Pelayanan Pajak Candi Sari kota Semarang merupakan suatu instansi pemerintah yang bertindak melaksankan pelayanan, penyeluhan dan pengawasan kepada wajib pajak berdasarkan segmentasi wajib pajak di daerah Semarang. Permasalahan yang pada KPP Pratama Candi Sari Semarang adalah dalam pelaksanaan kegiatan pengawasan dan evaluasi masih ditemukan beberapa kekurangan seperti kurang lengkapnya standart operational procedure (SOP) mengenai detail proses pengawasan dan penilaian kinerja sistem E-Filing, sering terjadinya down server sehingga menghambat kinerja E-Filing dan ada beberapa pegawai yang masih mengabaikan prosedur. Dari hasil studi dokumen, wawancara dan kuesioner berdasarkan COBIT 5 dihasilkan beberapa level kapabilitas tata kelola proses monitoring, evaluasi, dan penilaian kinerja dan kesusuaian (MEA01) saat ini adalah level 1 yaitu performed, dengan tingkat pencapaian Largely Achieved yaitu sebesar 85,86% yang menunjukkan bahwa proses monitoring kinerja dan kesesuaian yang telah diimplementasikan berhasil dengan baik. Untuk mencapai nilai target, dapat dilakukan strategi perbaikan secara bertahap dari proses atribut level 1 sampai 3.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:55
    Last Modified: 04 May 2017 15:55
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22149

    Actions (login required)

    View Item