ARDIKA, SULISTIYANTO (2017) Perancangan Game Ucup Goes To Mosque Sebagai Sarana Menanamkan Nilai Kedisiplinan Waktu Melalui Shalat Fardhu Pada Anak. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Shalat merupakan salah satu rukun Islam, dimana shalat merupakan sebuah kewajiban bagi umat muslim karena shalat merupakan tiang agama Islam. Shalat sebaiknya diajarkan sejak dini, akan tetapi banyak anak-anak yang kurang memperhatikan shalat ketika azan sudah berkumandang karena banyak faktor yang mempengaruhinya. Pembelajaran tentang kedisiplinan shalat melalui Pendidikan Agama Islam dianggap kurang efektif. Dibutuhkan adanya sebuah media baru yang dapat membantu orangtua maupun guru pengajar untuk mengingatkan anak untuk menjalakan shalat fardhu tepat waktu. Tujuan dari perancangan game ini yaitu membantu orang tua serta pengajar untuk mengajarkan akan pentingnya shalat fardhu tepat waktu kepada anak. Melalui metode penelitian kualitatif di dapatkan salah satu masalah yang paling mendasar yang ditemukan dilapangan adalah kurangnya kepedulian orang tua untuk mengingatkan anak shalat fardhu tepat waktu karena kesibukan orang tua. Game tidak hanya dapat digunakan sebagai sarana hiburan dan pembelajaran. Selain menyediakan tantangan, game juga melibatkan player didalam permainan. Game mobile berbasis Android yang banyak di minati oleh semua kalangan dan di anggap lebih praktis menjadi pilihan dalam perancangan ini. Berdasarkan pengamatan dari pengamat perkembangan game, game yang bergenre running dan puzzle merupakan game yang fun dan adiktif, diharapkan perancangan game sebagai sarana menanamkan nilai kedisiplinan waktu melalui shalat fardhu pada anak bisa memudahkan anak untuk mengambil pesan yang didapat dalam game.
Actions (login required)