SEPTI, YULIANA (2017) Perancangan Komunikasi Visual Game Edukasi Marbel Guna Mempertahankan Posisinya Sebagai Game Edukasi Untuk Anak Usia 2-12 Tahun. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Marbel adalah permainan edukasi untuk anak-anak usia 2-12 tahun, Marbel berbasis mobile, dapat digunakan atau dimainkan melalui media elektronik diantaranya yaitu handphone, tablet, iPad, dan iPhone. Marbel juga telah memperoleh penghargaan Second Winner Industry Creative Festival 2012 Kemenperin, First Winner Rock Star Pro Developer 2013 dan First Winner INAICTA 2013. Namun, saat ini mulai adanya perusahaan game di Indonesia yang turut serta membuat game edukasi, selain itu adanya game edukasi dari luar negri mulai masuk ke Indonesia dengan menggunakan bahasa Indonesia membuat posisi game Marbel sebagai game edukasi mulai terancam. Oleh karena itu perlu adanya perancangan komunikasi visual guna mempertahankan posisi game Marbel sebagai game edukasi untuk anak usia 2-12 tahun. Perancangan komunikasi visual dilakukan melalui perancangan visual dan media yang informative dan efektif. Dasar perancangan dilakukan melalui penelitian dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Data penelitian diperoleh memlalui wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah SWOT sebagai alat penetapan strategi pemasaran, strategi media, dan strategi kreatif. Pilihan media utama adalah video testimony orang tua dan merchandis berupa banal, thumbler, celengan dan barang-barang kegemaran anak lainnya, dengan penggunakan media yang berkaitan erat dengan orang tua dan anak-anak diharapkan akan meyakinkan orang tua bahwa pilihan menggunakan game Marbel sebagai media pembelajaran anak sangatlah tepat dan menjaga loyalitas konsumen dari game Marbel.
Actions (login required)