UDiNus Repository

Implementasi kaidah asosiasi dengan algoritma apriori untuk memprediksi hubungan keterkaitan barang pada Toha Putra Book Store

AFI, NOOR FACHMI (2017) Implementasi kaidah asosiasi dengan algoritma apriori untuk memprediksi hubungan keterkaitan barang pada Toha Putra Book Store. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Data mining merupakan sebuah cabang disiplin ilmu komputer yang mempelajari suatu tehnik dari pola, statistik, dan database untuk menggali sebuah informasi baru yang berguna dan berharga dari sebuah kumpulan data. Toko Toha Putra Book Store yang menjadi objek dari penelitian projek Tugas Akhir disini, mempunyai data transaksi yang dikelola cukup baik. Data transaksi penjualan ini biasanya diperlakukan hanya sebagai rekapan data saja tanpa dilakukan proses pengolahan lebih lanjut, sehingga tidak mempunyai nilai guna lebih, padahal dari data transaksi penjualan tersebut dapat diketahui informasi yaitu tentang pola pembelian konsumen dengan menerapkan teknik aturan asosiasi dan menggunakan algoritma apriori. Penelitian ini memanfaatkan data primer dari Toha Putra Book Store, yaitu data transaksi penjualan, dari bulan Agustus sampai September 2016. Hasil dari pengolahan data transaksi penjualan yaitu berupa itemset. Dengan penerapan konsep analisis asosiasi mining, dapat diketahui nilai support pada tiap item, kombinasi item, nilai confidence dalam pembentukan frequent itemset. Maka, dapat diketahui barang yang paling sering dibeli konsumen secara bersamaan di toko Toha Putra Book Store yaitu jika membeli Sarung, maka akan membeli Perlengkapan Sholat dengan besar nilai support 3,5% dan confidence 30%, jika membeli Perlengkapan Sholat, maka akan membeli Ilmu Quran dengan nilai support 4,5% dan confidence 23%, jika membeli Madu, maka akan membeli Ilmu Quran dengan nilai support 3% dan confidence 20%. Informasi semacam ini merupakan informasi yang jarang diketahui oleh pihak toko. Sehingga setelah dilakukan penelitian seperti ini maka pihak toko dapat memanfaatkan informasi yang telah didapatkan melalui penelitian tersebut dalam mendukung operasional Toha Putra Book Store. Contohnya melalui hubungan keterkaitan barang yang dibeli secara bersamaan oleh konsumen dapat disusun dalam tempat secara berdekatan. Serta dapat mengatur posisi barang yang sekiranya kurang diketahui oleh konsumen karena faktor letak barang, maka dapat dipindah kebagian depan agar terlihat oleh konsumen.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:56
    Last Modified: 04 May 2017 15:56
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22167

    Actions (login required)

    View Item