UDiNus Repository

Prediksi Nilai Tukar Rupiah Berbasis Algoritma Regresi Linier dengan Metode Perbaikan Moving Average dan Seasonal Movement

FIRST, SUKMA RYAN (2017) Prediksi Nilai Tukar Rupiah Berbasis Algoritma Regresi Linier dengan Metode Perbaikan Moving Average dan Seasonal Movement. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3771b) | Preview

    Abstract

    Dalam tatanan sebuah negara sektor ekonomi merupakan salah satu hal terpenting. Dan salah satu faktor yang mempengaruhi kuatnya ekonomi suatau negara adalah nilai tukar mata uang (kurs). Terlebih di era global ini pertukaran mata uang antar negara makin sering terjadi. Baik dikalangan pemerintahan hingga masyarakat sekarang sudah bertransaksi dan bertukar mata uang antar negara. Pada beberapa kasus yang terjadi di negara maju seperti di wilayah Eropa atau Amerika, nilai tukar mata uang merupakan bagian yang sangat vital. Bahkan pengaruh resiko nilai tukar mata uang akan mempengaruhi dan menghambat perdagangan internasional. Oleh karena diperlukan adanya aplikasi yang dapat membantu untuk meramalkan nilai tukar rupiah terhadap dolar sebagai acuan dalam menentukan kebijakan atau kegiatan transaksi lainya yang berkaitan dengan pertukaran nilai mata uang. Pada penelitian ini dilakukan menggunakan algoritma linier regresi dengan perbaikan yang dilakukan terhadap metode pergerakan musiman dan rata-rata nilai pada periode tertentu.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:56
    Last Modified: 04 May 2017 15:56
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22172

    Actions (login required)

    View Item