UDiNus Repository

Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Algoritma Fuzzy Mamdani Untuk Menentukan Kualitas Biji Kopi Di PT. Perkebunan Nusantara IX (Persero) Semarang

HUDA, ARDITAMA (2017) Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Algoritma Fuzzy Mamdani Untuk Menentukan Kualitas Biji Kopi Di PT. Perkebunan Nusantara IX (Persero) Semarang. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Kopi merupakan salah satu komoditas unggulan dalam subsektor perkebunan di Indonesia karena memiliki peluang pasar yang besar, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Sebelum kopi diekspor atau dipasarkan, eksportir memberikan sampel kopi ke petugas (Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang) untuk diuji berdasarkan Standart Nasional Indonesia (SNI). Pengujian kualitas yang diterapkan dalam BPSMB masih dilakukan secara manual sehingga tingkat probabilitas petugas melakukan kesalahan relatif tinggi akibat tidak konsentrasi karena kuantitas sampel yang sangat banyak. Selain itu petugas juga memerlukan waktu yang relatif lama untuk mencatat sampel yang cacat kemudian menghitungnya untuk mengetahui kualitasnya. Oleh sebab itu, dibutuhkan suatu sistem pendukung keputusan untuk menentukan kualitas biji kopi yang masuk kedalamimport maupun lokal dapat membantu petugas yang bekerja di Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang dalam meningkatkan keakuratan untuk meningkatkan kualitas kopi. Pada penelitian ini, penulis menggunakan metode fuzzy mamdani untuk menentukan kualitas biji kopi data kadar air, kadar kotoran dan nilai cacat adalah sebagi input untuk menentukan kualitas sampel biji kopi dan outputnya berupa kualitas apakh biji kopi termasuk kualitas lokal atau kualitas import. Hasil pengujian dilakukan terhadap 30 data bijikopi sebagai data training, testing menunjukkan bahwa metode yang diajukan mampu menetukan kualitas biji kopi dengan tingkat akurasi mencapai 83%.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:56
    Last Modified: 04 May 2017 15:56
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22177

    Actions (login required)

    View Item