UDiNus Repository

PENERAPAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS UNTUK MENENTUKAN PENERIMA BANTUAN BERAS MISKIN PADA KELURAHAN MANGKUKUSUMAN KOTA TEGAL

ARIEF, HAKIM RACHMAN (2017) PENERAPAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS UNTUK MENENTUKAN PENERIMA BANTUAN BERAS MISKIN PADA KELURAHAN MANGKUKUSUMAN KOTA TEGAL. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Zaman globalisasi seperti saat ini, kebutuhan informasi yang tepat, cepat dan akurat sangat penting. Berbagai perusahaan dan instansi pemerintah berusaha mengembangkan usahanya dengan melakukan banyak perubahan seperti memanfaatkan teknologi yang canggih seperti komputer sebagai pengganti tenaga kerja manusia dalam mendukung keputusan. Sehingga pengolahan keputusan dalam sehari-hari dapat lebih tepat dan akurat. Dalam menyeleksi warga yang berhak menerima beras miskin. Kelurahan Mangkukusuman menggunakan cara manual dan perkiraan tanpa adanya perhitungan sehingga banyak warga mengeluh karena penyaluran beras miskin tidak tepat sasaran. Menurut data tahun 2011, sebanyak 235 kepala keluarga menerima bantuan beras miskin dari total 1.140 kepala keluarga. Persentase warga yang mengeluh sekitar 10% dari jumlah kepala keluarga penerima beras miskin. Pihak Kelurahan Mangkukusuman menginginkan penyaluran raskin tepat sasaran. Sistem pendukung keputusan diterapkan untuk mendukung keputusan dalam penyeleksian calon keluarga penerima beras miskin. Penggunaan metode Analytical Hierarchy Process untuk merangking keluarga penerima beras miskin. Laporan tugas akhir ini akan menjelaskan sistem pendukung keputusan yang didasarkan kriteria penerima beras miskin,meliputi status rumah, pekerjaan, penghasilan, jumlah tanggungan dan kepemilikan barang berharga. Pada tahap akhir penelitian ini didapatkan hasil prioritas alternatif penerima beras miskin, yang diurutkan dari tertinggi hingga terendah, sehingga pihak kelurahan dapat dengan mudah mengambil keputusan dengan melihat hasil tersebut.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:58
    Last Modified: 04 May 2017 15:58
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22204

    Actions (login required)

    View Item