UDiNus Repository

IMPLEMENTASI ALGORITMA ADVANCED ENCRYPTION STANDARD 128 UNTUK PENYEMBUNYIAN PESAN PADA CITRA MENGGUNAKAN METODE END OF FILE

DIMAS, SETIAWAN AGUS (2017) IMPLEMENTASI ALGORITMA ADVANCED ENCRYPTION STANDARD 128 UNTUK PENYEMBUNYIAN PESAN PADA CITRA MENGGUNAKAN METODE END OF FILE. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3821b) | Preview

    Abstract

    Keamanan merupakan salah satu aspek penting yang harus dipenuhi dalam system informasi. Dalam kegiatan komunikasi terjadi pertukaran informasi sehingga sering timbul masalah keamanan dimana informasi harus didistribusikan dengan aman. Informasi sendiri pada umumnya ditujukan untuk kelompok tertentu. Sangat penting agar informasi tersebut tidak jatuh ke pihak yang tidak berkepentingan. Untuk meningkatkan keamanan informasi biasanya digunakan kriptografi. Dalam kriptografi pesan diubah menjadi cipherteks sehingga tidak dapat dimengerti lagi artinya. Tetapi pihak lawan dapat mengetahui bahwa pesan tersebut adalah pesan rahasia. Untuk itu iperlukan steganografi dimana pesan akan isembunyikan alam sebuah gambar. Dalam penilitian ini akan digabungkan algoritma kriptografi AES 128 bit dan steganografi EoF. Algoritma kriptografi AES 128 bit akan menghasilkan cipherteks dimana kemudian cipherteks tersebut akan disembunyikan dalam media gambar dengan menggunakan algoritma steganografi EoF. Hasil penilitian menunjukan Algoritma Kriptografi AES 128 bit dapat digabungkan dengan algoritma Steganografi EoF dan berjalan dengan baik.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:58
    Last Modified: 04 May 2017 15:58
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22210

    Actions (login required)

    View Item