UDiNus Repository

Implementasi Steganografi Least Significant Bit (LSB) Dan Kriptografi Advanced Encryption Standard (AES) 128-Bit Untuk Mengamankan Pesan Teks Pada Citra Digital

ROFI', AMIN SYAIFUL (2017) Implementasi Steganografi Least Significant Bit (LSB) Dan Kriptografi Advanced Encryption Standard (AES) 128-Bit Untuk Mengamankan Pesan Teks Pada Citra Digital. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Kebanyakan orang telah menggunakan fasilitas internet dalam kesehariannya dalam melakukan suatu komunikasi, oleh karena itu keamanan informasi data yang ditransmisikan menjadi sangat penting. Metode kriptografi dan steganografi merupakan teknik yang digunakan untuk mengamankan data dengan mengelola data tersebut sehingga data tersebut tidak bisa diakses oleh orang yang tidak memiliki kepentingan atas informasi. Kriptografi merupakan teknik pengacakan suatu pesan, sedangkan steganografi merupakan teknik penyembunyian data. Dalam penelitian ini peneliti menggabungkan metode steganografi dengan algoritma LSB (Least Significant Bit) dan metode Kriptografi dengan algoritma AES (Advanced Encryption Standard) untuk melakukan enkripsi terhadap pesan yang akan disisipkan kedalam sebuah media citra gambar. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan media citra gambar sebagai pembawa pesan yang telah disembunyikan agar keberadaan pesan tidak dicurigai keberadaannya. Hasil penelitian ini merupakan sebuah program yang akan di uji dengan menggunakan MSE (Mean Square Error) dan PSNR (Peak Signal to Noise Ratio) untuk menunjukan perbandingan antara citra gambar asli dan citra gambar yang telah disisipi pesan, Selain itu juga menguji hasil penelitian dengan penambahan noise Gaussian, Salt and Pepper, Poisson, Local Variant, dan Multiplicative Noise.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:58
    Last Modified: 04 May 2017 15:58
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22212

    Actions (login required)

    View Item