UDiNus Repository

IMPLEMENTASI ALGORITMA LINEAR REGRESI UNTUK PREDIKSI JUMLAH WISATAWAN MANCANEGARA MELALUI BANDARA INTERNASIONAL INDONESIA

MUHAMMAD, RIDWAN (2017) IMPLEMENTASI ALGORITMA LINEAR REGRESI UNTUK PREDIKSI JUMLAH WISATAWAN MANCANEGARA MELALUI BANDARA INTERNASIONAL INDONESIA. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3849b) | Preview

    Abstract

    Maju pesatnya jumlah kunjungan wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia, dapat juga menimbulkan efek yang negative apabila tidak ditangani dengan baik seperti kurangnya pelayanan bandar udara dalam melayani wisatawan mancanegara yang datang melalui fasilitas bandara diakibatkan jumlah wisatawan yang meningkat melebihi perkiraan pihak bandara. Untuk mengatasi masalah melonjaknya jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia dapat diatasi dengan cara melakukan prediksi jumlah wisatawan melalui bandara internasional yang ada di Indonesia. Penelitian ini mengusulkan penggunaan algoritma data mining linear regresi untuk meramalkan jumlah wisatawan manca Negara melalui bandara internasional yang ada di Indonesia. Algoritma linear regresi dipilih karena merupakan algoritma peramalan yang mudah untuk diterapkan, tidak memerlukan desain eksperimen, atau teknik analisis yang canggih. Berdasarkan hasil penelitian metode yang diusulkan yaitu linear regresi berhasil diimplementasikan untuk menyelesaikan kasus peramalan jumlah wisatawan. Metode linear regresi cukup akurat untuk diimplementasikan pada kasus peramalan karena mempunyai error sebesar 22% atau mempunyai akurasi 78%.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:58
    Last Modified: 04 May 2017 15:58
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22222

    Actions (login required)

    View Item