UDiNus Repository

Procedural Content Generation Berbasis Algoritma Genetika Untuk Lingkungan Adaptif Pada Game Berjenis Role Playing Game

NANANG, ALFATICH ARSYAD (2017) Procedural Content Generation Berbasis Algoritma Genetika Untuk Lingkungan Adaptif Pada Game Berjenis Role Playing Game. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3929b) | Preview

    Abstract

    Lingkungan game pada Role Playing Game (RPG) bisa dibilang sebagai salah satu faktor penting dalam menunjang immersivitas game dan realisme plot. Pada intinya tiap bagian pada lingkungan game akan mencerminkan imajinasi dan kreativitas developer yang berguna untuk memperkuat plot baik statis maupun dinamis. Integritas plot dan lingkungan game yang mana saling mendukung satu sama lain membuat proses realisasi lingkungan game semakin kompleks berdasarkan elaborasi dan kemegahan plot. Meskipun demikian, sebagai salah satu alternatif untuk meringankan proses realisasi lingkungan game, mekanisme semi-auto dari Procedural Content Generation (PCG) dapat dipergunakan. PCG membutuhkan algorima lain sebagai dasaran dan mekanisme pemroses, yang mana pada penelitian ini akan menggunakan Genetic Algoritma (GA) sebagai dasaran bagi PCG. Karakteristik GA yang cenderung memberikan nilai optimal dan semi acak, membuat GA sesuai untuk menghasilkan lingkungan game yang seakan-akan alami dan terikat dengan plot. Pada akhir dari penelitian ini akan dihasilkan mekanisme yang dapat digunakan untuk menghasilkan lingkungan game RPG berdasarkan poin-poin tertentu dalam plot.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:59
    Last Modified: 04 May 2017 15:59
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22227

    Actions (login required)

    View Item