UDiNus Repository

Penerapan Algoritma K-Means untuk Pengelompokan Kelas Tambahan Jam Pelajaran Siswa Kelas IX pada SMP Setiabudhi Semarang

MOHAMMAD, SATRIA REZA (2017) Penerapan Algoritma K-Means untuk Pengelompokan Kelas Tambahan Jam Pelajaran Siswa Kelas IX pada SMP Setiabudhi Semarang. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3416b) | Preview

    Abstract

    Upaya yang dilakukan pihak SMP Setiabudhi Semarang untuk mempersiapkan para siswanya dalam menghadapi Ujian Nasional adalah dengan mengadakan kegiatan tambahan jam pelajaran dan ujian try out. Namun upaya tersebut memiliki kelemahan mengingat kemampuan siswa dalam menangkap materi pelajaran tidaklah sama pada setiap siswa. Hal ini akan menyebabkan adanya siswa yang tertinggal saat mengikuti materi pelajaran yang diberikan dalam kelas tambahan jam pelajaran. Agar proses pembelajaran dapat merata kepada setiap siswa diperlukan suatu sistem untuk mengelompokkan siswa berdasarkan karakter mereka dalam menangkap materi pelajaran. Dengan memanfaatkan algoritma k-means untuk membangun sistem pengelompokkan siswa diharapkan dapat membuat proses pembelajaran lebih merata.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 16:00
    Last Modified: 04 May 2017 16:00
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22240

    Actions (login required)

    View Item