UDiNus Repository

ANALISIS PROSES PENGAWASAN EVALUASI DAN PENILAIAN PENGENDALIAN INTERNAL PADA PT. SUARA MERDEKA PRESS SEMARANG BERDASARKAN FRAMEWORK COBIT 5 DOMAIN MEA02

TARIS, RIJAL SAIFUR (2017) ANALISIS PROSES PENGAWASAN EVALUASI DAN PENILAIAN PENGENDALIAN INTERNAL PADA PT. SUARA MERDEKA PRESS SEMARANG BERDASARKAN FRAMEWORK COBIT 5 DOMAIN MEA02. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    PT. Suara Merdeka Press Semarang memiliki sebuah sistem di web yaitu Sistem E-Paper. Permasalahan yang terjadi pada sistem E-Paper adalah kurangnya sistem memonitoring pada server lokal yang hanya dikendalikan satu operator dan satu komputer. Pada kasus ini ketika karyawan yang sudah mengola data belum disimpan dan akan ditunjukkan ke server lokal maka data secara otomatis belum tersimpan pada server lokal tersebut kecuali karyawan yang sudah klik tombol save. Berdasarkan hal tersebut, maka penulis mengambil topik penelitian mengenai analisis proses pengawasan evaluasi dan penilaian pengendalian internal pada PT. Suara Merdeka Press Semarang berdasarkan Framework COBIT 5 domain MEA02 (Mengawasi, Mengevaluasi dan Menilai). Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi tingkat kapabilitas manajemen kualitas khususnya dalam analisis pengawasan dan mengetahui gap pada MEA02. Berdasarkan penelitian ini menggunakan perhitungan skala Guttman, diperoleh nilai dengan kapabilitas 2,67 yang berada pada level 3. Artinya proses MEA02 sudah memiliki proses yang telah dibangun menggunakan proses yang telah didefinisikan, telah dikelola dengan proses yang berstandar atau berstruktur, sehingga mampu mencapai hasil dari proses tujuan. Untuk mencapai kapabilitas yang bernilai atau level 4 perlu menerapkan hasil rekomendasi seperti monitoring pengendalian internal, mengidentifikasi dan melaporkan kekurangan kontrol dan melaksanakan inisiatif jaminan.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 16:00
    Last Modified: 04 May 2017 16:00
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22241

    Actions (login required)

    View Item