UDiNus Repository

Klasifikasi Potensi Status Mahasiswa dengan Menggunakan Algoritma C4.5 pada Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi di Universitas Dian Nuswantoro

SATRIA, PAMUNGKAS BAGUS (2017) Klasifikasi Potensi Status Mahasiswa dengan Menggunakan Algoritma C4.5 pada Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi di Universitas Dian Nuswantoro. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3688b) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini didasarkan pada permasalahan dari pengelola program studi Sistem Informasi yaitu prosentase jumlah lulusan program studi Sistem Informasi yang semakin menurun. Sedangkan ketentuan dari BAN-PT mengharuskan tingkat kelulusan mahasiswa program studi sebesar 50% dari jumlah mahasiswa baru yang masuk. Mahasiswa mangkir merupakan salah satu penyebab tidak tercapainya lulusan sebesar 50%. Mahasiswa mangkir harus ditekan laju pertumbuhannya. Pengelola SI perlu melakukan tindakan antisipasif dengan cara memprediksi mahasiswa mangkir terlebih dahulu. Data mining merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk memprediksi dan mengklasifikasikan status mahasiswa. Salah satu metode data mining yaitu klasifikasi dengan algoritma C4.5. Pengolahan data dengan atribut jenis sekolah, status sekolah, kota asal, ips 1 sampai dengan 4, pekerjaan orang tua, dan gaji orang tua menghasilkan akurasi sebesar 93.06% dengan kategori klasifikasi baik. Pola yang telah dihasilkan lalu diimplementasikan ke dalam sebuah prototype yang dirancang dengan menggunakan software Matlab.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 16:00
    Last Modified: 04 May 2017 16:00
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22248

    Actions (login required)

    View Item