UDiNus Repository

Penerapan Data Mining Untuk Memetakan Wilayah Menggunakan Metode Clustering K-Means Berdasarkan Produksi Padi, Jagung, Kedelai Pada Kabupaten Banjarnegara

LATRI, PINASTHIKA FITRA (2017) Penerapan Data Mining Untuk Memetakan Wilayah Menggunakan Metode Clustering K-Means Berdasarkan Produksi Padi, Jagung, Kedelai Pada Kabupaten Banjarnegara. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3669b) | Preview

    Abstract

    Dalam undang-undang Republik Indonesia no 7 tahun 1996 tentang pangan, menyebutkan bahwa pangan merupakan hak asasi bagi setiap individu. dalam penelitian ini tanaman pangan utama yang akan dibahas adalah padi, jagung, dan kedelai. algoritma clustering, salah satunya k-Means clustering dapat diterapkan terhadap data produksi hasil pertanian Dinas PErtanian PErikanan dan Peternakan Kabupaten Banjarnegara, menampilkan beberapadaerah dengan hasil produksi pertanian yang beragam jumlah produksinya.untuk itu diperlukan pengelompokkan daerah potensial penghasil padi, jagung, dan kedelai untuk mengetahui daerah mana saja yang menghasilkan jumlah produksi banyak ataupun produksi sedikit. pembagian kellompok daerah dapat dilakukan berdasarkan luas panen (Ha), jumlah produksi (ton) dan tahun panen.hasilnya adalah sebuah gambaran yang menunjukkan pengelompokkan daerah per kecamatan berdasarkan hasil produksi padi, jagung, dan kedelai.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 16:01
    Last Modified: 04 May 2017 16:01
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22254

    Actions (login required)

    View Item