UDiNus Repository

PREDIKSI HASIL PENANGKAPAN IKAN PADA DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN KABUPATEN JEPARA MENGGUNAKAN METODE EXPONENTIAL SMOOTHING

FIRDAUS, FITRANANDA (2017) PREDIKSI HASIL PENANGKAPAN IKAN PADA DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN KABUPATEN JEPARA MENGGUNAKAN METODE EXPONENTIAL SMOOTHING. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3583b) | Preview

    Abstract

    Dinas Kelautan dan Perikanan Jepara tiap tahunnya menetapkan target hasil penangkapan ikan untuk tahun depan dengan perhitungan jumlah hasil penangkapan ikan dari tahun yang lalu dikalikan dengan 10 %. Sistem perhitungan yang diterapkan seperti itu tentunya tidak akurat dalam menghitung target hasil penangkapan ikan sehingga mengakibatkan target hasil penangkapan ikan tidak bisa mendekati dengan target yang diharapkan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan proses data mining dengan metode exponential smoothing dan pembuatan sistem menggunakan menggunakan PHP dan MySQL, pengujian sistem menggunakan MSE. Prediksi hasil penangkapan ikan pada Dinas Kelautan dan Perikanan Jepara menggunakan metode exponential smoothing menggunakan nilai ? = 0.6, nilai ? = 0.7 dan nilai ? = 0.88 dan didapatkan hasil yang mendekati dengan hasil penangkapan ikan pada Dinas Kelautan dan Perikanan Jepara dengan nilai ? = 0.6 dengan total nilai MSE yaitu 2.3615082577544E+14.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 16:01
    Last Modified: 04 May 2017 16:01
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22261

    Actions (login required)

    View Item