UDiNus Repository

RANCANG BANGUN SISTEM PENGAMBIL KEPUTUSAN UNTUK PENERIMAAN BANTUAN SISWA MISKIN (BSM) MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WIGHT

MALIKI, ANAS (2017) RANCANG BANGUN SISTEM PENGAMBIL KEPUTUSAN UNTUK PENERIMAAN BANTUAN SISWA MISKIN (BSM) MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WIGHT. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Peran teknologi informasi saat ini sangat membantu kinerja manusia untuk mempercepat pekerjaan dalam penyelesaian komputerisasi dalam lembaga Pemerintah maupun Swasta. Salah satu persoalan yaitu tentang Bantuan Siswa Miskin yang dilakukan pada sekolahan. Di Indonesia kasus BSM (Bantuan Siswa Miskin) adalah salah satu masalah bantuan yang diberikan pemerintah dan belum akurat dan tepat sasaran. BSM sendiri adalah program Nasional yang bertujuan untuk menghilangkan halangan siswa miskin berpartisipasi untuk bersekolah dengan membantu siswa miskin memperoleh akses pendidikan yang layak, mencegah putus sekolah, menarik siswa miskin untuk kembali bersekolah, membantu siswa memenuhi kebutuhan sekolah dalam kegiatan pembelajaran, mendukung program Wajib Belajar Sembilan Tahun, serta membantu kelancaran program sekolah. Siswa miskin masih banyak ditemukan di SMA Muhamadiyah 1 Pati. SAW (simple additive weight) sendiri dipilih karena dapat menentukan nilai bobot untuk setiap atribut, kemudian dilanjutkan dengan proses perankingan yang akan menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif, dalam hal ini alternatif yang dimaksud adalah yang berhak menerima bantuan berdasarkan kriteria­kriteria yang sudah ditentukan. Metode SAW digunakan untuk penyeleksian bantuan, banyaknya pndaftar bantuan dan kurangnya staf sekolahan dalam mengelola. Penelitian ini menampilkan hasil perhitungan dari memasukan data yang di gunakan untuk mengetahui layak / tidak siswa mendaatkan bantuan di SMA Muhammadiyah 1 Pati. Aplikasi pada penelitian di implementasikan dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database XAMPP versi 3.2.1 (phpMyAdmin)

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 16:01
    Last Modified: 04 May 2017 16:01
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22262

    Actions (login required)

    View Item