HENDRA, LUMBANBATU (2017) PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) BERBASIS WEB PADA CV. AKBAR PONSEL KUDUS, KABUPATEN KUDUS. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
CV. Akbar Ponsel Kudus merupakan satuan unit dagang yang bergerak di bidang penjualan aksesoris handphone. Adapun masalah bagaimana membuat Customer Relationship Management (CRM) berbasis web yang dapat membantu dalam menyampaikan produk - produk penjualan dengan bantuan layanan fitur-fitur kemudahan yang ditawarkan oleh CV. Akbar Ponsel pada konsumen. Berdasarkan pada permasalah tersebut, maka dibutuhkan suatu sistem CRM berbasis web yang nantinya akan diterapkan pada CV. Akbar Ponsel Kudus. Perancangan sistem yang digunakan dalam merancang sistem CRM adalah dengan menggunakan metode web engineering, sedangkan permodelan sistem menggunakan permodelan Unified Modelling Language (UML). Hasil pencapaian dari penerapan sistem CRM berbasis web yaitu memudahkan perusahaan dalam pengelolaan data pelangan supaya dapat terjalin komunikasi dan loyalitas yang besar dengan pelanggan agar tidak mudah berpindah pada perusahaan lain. Selain mempermudah untuk melakukan pengambilan keputusan melalui hasil yang diperoleh sistem ini. Hasil implementasi yang telah diterapkan meliputi 3 komponen CRM yang meliputi CRM Operational, CRM Analitical, CRM Kolaborasi.
Actions (login required)