UDiNus Repository

PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) BERBASIS WEB PADA CV. AKBAR PONSEL KUDUS, KABUPATEN KUDUS

HENDRA, LUMBANBATU (2017) PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) BERBASIS WEB PADA CV. AKBAR PONSEL KUDUS, KABUPATEN KUDUS. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3933b) | Preview

    Abstract

    CV. Akbar Ponsel Kudus merupakan satuan unit dagang yang bergerak di bidang penjualan aksesoris handphone. Adapun masalah bagaimana membuat Customer Relationship Management (CRM) berbasis web yang dapat membantu dalam menyampaikan produk - produk penjualan dengan bantuan layanan fitur-fitur kemudahan yang ditawarkan oleh CV. Akbar Ponsel pada konsumen. Berdasarkan pada permasalah tersebut, maka dibutuhkan suatu sistem CRM berbasis web yang nantinya akan diterapkan pada CV. Akbar Ponsel Kudus. Perancangan sistem yang digunakan dalam merancang sistem CRM adalah dengan menggunakan metode web engineering, sedangkan permodelan sistem menggunakan permodelan Unified Modelling Language (UML). Hasil pencapaian dari penerapan sistem CRM berbasis web yaitu memudahkan perusahaan dalam pengelolaan data pelangan supaya dapat terjalin komunikasi dan loyalitas yang besar dengan pelanggan agar tidak mudah berpindah pada perusahaan lain. Selain mempermudah untuk melakukan pengambilan keputusan melalui hasil yang diperoleh sistem ini. Hasil implementasi yang telah diterapkan meliputi 3 komponen CRM yang meliputi CRM Operational, CRM Analitical, CRM Kolaborasi.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 16:01
    Last Modified: 04 May 2017 16:01
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22268

    Actions (login required)

    View Item