UDiNus Repository

EKSTRAKSI TEKSTUR WARNA DENGAN METODE COLOR CO-OCCURRENCE MATRIX UNTUK KLASIFIKASI KUALITAS CITRA LATEK MENGGUNAKAN ALGORITMA K-NEAREST NEIGHBOUR

ARI, WAHYU BAGUS (2017) EKSTRAKSI TEKSTUR WARNA DENGAN METODE COLOR CO-OCCURRENCE MATRIX UNTUK KLASIFIKASI KUALITAS CITRA LATEK MENGGUNAKAN ALGORITMA K-NEAREST NEIGHBOUR. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4072b) | Preview

    Abstract

    Karet merupakan salah satu komoditi ekspor Indonesia yang cukup penting sebagai penghasil devisa negara diluar minyak dan gas. Sejalan dengan pesatnya perkembangan perkebunan karet di Indonesia, banyak perkebunan milik swasta dan pemerintah yang berusaha memberikan hasil yang memiliki kualitas terbaik mulai dari lateks hingga barang olah atau barang konsumsi pasar. Perhatian khusus diberikan untuk lateks, pasalnya dari sini akan menentukan hasil olahan yang baik dan bagaimana cara mengatasi lateks yang kurang baik. Maka kebutuhan akan pengolahan informasi lateks yang baik sangat dibutuhkan untuk menunjang perkembangan produksi karet. Ada beberapa teknik yang bisa digunakan untuk mendapatkan informasi lateks, salah satunya adalah ekstraksi fitur. Ekstraksi fitur digunakan untuk memunculkan ciri dan mereduksi dimensi suatu citra dari dimensi tinggi ke dimensi yang lebih rendah. Informasi yang didapatkan dari proses ekstraksi fitur warna dengan metode CCM digunakan untuk mendapatkan nilai ciri statistik dari suatu citra. Proses terakhir adalah pengklasifikasian kualitas citra menggunakan algoritma K-NN. Penggunaan metode CCM dan algoritma K-NN untuk pendeteksian kualitas citra lateks memberikan hasil sebesar 80% untuk nilai k = 7.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 16:01
    Last Modified: 04 May 2017 16:01
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22270

    Actions (login required)

    View Item