UDiNus Repository

Penerapan Algoritma Regresi Linier Berganda Untuk Menentukan Estimasi Hasil Panen Tembakau Terhadap Curah Hujan dan Luas Lahan Tembakau di Kabupaten Temanggung

ARGA, NUSANTARA (2017) Penerapan Algoritma Regresi Linier Berganda Untuk Menentukan Estimasi Hasil Panen Tembakau Terhadap Curah Hujan dan Luas Lahan Tembakau di Kabupaten Temanggung. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Tembakau merupakan jenis tanaman yang terkenal dan tersebar di seluruh Nusantara. Tanaman ini mempunyai kegunaan yang sangat banyak terutama untuk bahan baku pembuatan rokok. Temanggung, satu dari beberapa daerah di Indonesia yang mampu memproduksi tembakau dengan kualitas yang baik. Tembakau merupakan salah satu komoditas pertanian yang penting di wilayah Kabupaten Temanggung karena menjadi salah satu faktor utama penggerak perekonomian. Hal ini disebabkan banyak pekerja individu maupun kelompok yang bekerja pada sektor pertanian, khususnya tanaman tembakau. Namun kondisi alam yang dan juga luas lahan yang berubah-ubah tiap tahunnya membuat hasil panen tidak menentu. Hasil panen bisa lebih banyak dari tahun sebelumnya namun juga bisa turun dari tahun sebelumnya, hal tersebut bisa mempengaruhi keseimbangan antara permintaan dan ketersediaan tembakau yang akhirnya berimbas pada harga jual tembakau. Berdasarkan masalah tersebut maka penelitian ini dilakukan dengan data mining yang dimodelkan dengan algoritma regresi linier berganda yang bertujuan untuk mengestimasi hasil panen tembakau. Hasil panen sebagai variabel dependen yang disimbolkan dengan y, curah hujan (x1) dan luas lahan (x2) sebagai variabel independen. Dari hasil penelitian ini, diperoleh persamaan regresi y = 228,079 - 44,305x1 + 0,572x2, dengan koefisien korelasi berganda (R) sebesar 0,956 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,914. Besaran eror dengan metode Root Mean Square Error sebesar 102,8739.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 16:02
    Last Modified: 04 May 2017 16:02
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22280

    Actions (login required)

    View Item