UDiNus Repository

IMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK PENENTUAN PEMINATAN JURUSAN DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS PADA SISWA SMA NEGERI 3 PATI

EKA, SINAGA MIKHARYANI (2017) IMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK PENENTUAN PEMINATAN JURUSAN DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS PADA SISWA SMA NEGERI 3 PATI. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Dalam kurikulum tahun ajaran 2013 yang dimana penjurusan untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) sekarang dilaksanakan ketika akan memasuki jenjang SMA atau bisa disebut waktu pendaftaran awal SMA dilakukan penjurusan. Penjurusan yang akan dilaksanakan dengan beberapa data dan informasi yang akan dilampirkan seperti nilai rapot Sekolah Menengah Pertama (SMP) dari hasil belajar siswa kelas 7, 8 dan 9, hasil nilai Ujian Nasional (UN) SMP, dan angket peminatan penjurusan yang siswa inginkan. Terkadang siswa bingung untuk memilih penjurusan yang akan mereka tempuh, maka dari itu dibutuhkan sebuah sistem untuk berperan membantu penentu penjurusan siswa di SMA Negeri 3 Pati yang menggunakan metode algoritma K-Means. K-Means Clustering merupakan metode untuk mengklasifikasikan atau mengelompokkan data ke dalam cluster berdasarkan artibut tertentu. Pengelompokan data dilakukan dengan menghitung jarak terdekat antara data observasi dengan pusat cluster. Prinsip utama dari metode ini adalah menyusun K sebuah centroid atau rata-rata dari sekumpulan data berdimensi N, dimana metode ini mensyaratkan nilai K sudah diketahui sebelumnya. Algoritma K-Means dimulai dengan pembentukan prototipe cluster diawal kemudian secara interatif prototipe cluster tersebut diperbaiki sehingga tercapai kondisi konvergen, yaitu kondisi dimana tidak terjadi perubahan yang signifikan pada prototipe cluster. Perubahan ini diukur dengan menggunakan fungsi objektif D yang umumnya didefinisikan sebagai jumlah atau rata-rata jarak tiap item data dengan centroid groupnya. Yang dimana asil dari penelitian yang dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil pengolahan menggunakan algoritma K-means didapat akurasi 78% dari keseluruhan data yang digunakan.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 16:02
    Last Modified: 04 May 2017 16:02
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22292

    Actions (login required)

    View Item