UDiNus Repository

MENGGUNAKAN METODE OPSIONAL Analytical Hierarchy Process (AHP) ATAU Simple Additive Weighting (SAW) UNTUK SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBELIAN PERALATAN PERCETAKAN PADA CV. MULTIGRAF PURWODADI

AHMAD, AJI GINANJAR (2017) MENGGUNAKAN METODE OPSIONAL Analytical Hierarchy Process (AHP) ATAU Simple Additive Weighting (SAW) UNTUK SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBELIAN PERALATAN PERCETAKAN PADA CV. MULTIGRAF PURWODADI. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Dalam menjalankan sebuah usaha diperlukan adanya modal serta sarana dan prasarana. Begitu juga dengan usaha percetakan, peralatan percetakan merupakan modal utama usaha tersebut. Dengan demikian, pemilihan peralatan yang sesuai sangat berperan penting dalam keberlangsungan usaha tersebut dimasa yang akan datang. Untuk itu diperlukan aplikasi sistem yang dapat digunakan sebagai pendukung pengambilan keputusan pemilihan peralatan percetakan yang sesuai dengan kebutuhan dan kriteria yang diperlukan oleh konsumen. Dalam pemilihan peralatan terdapat beberapa kriteria yang diperhitungkan, antara lain harga, merek serta fungsi dari peralatan tersebut. Metode yang digunakan dalam sistem pendukung keputusan ini adalah Analitycal Hierarchy Process (AHP) atau Simple Additive Weighting (SAW). Penggunaan kedua metode tersebut dimaksudkan untuk membuat perbandingan antara dua metode dalam proses pengolahan data yang tersedia di peralatan percetakan, serta menemukan metode yang paling efektif dalam menghasilkan informasi yang akurat terkait dengan pemilihan peralatan percetakan dengan data yang di gunakan. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini antara lain, observasi, wawancara serta studi pustaka untuk mendapatkan data-data terkait dengan jenis peralatan percetakan. Datatersebut kemudian dianalisis dan dirancang menggunakan notasi Unified Modeling Language (UML) yang terdiri dari use case diagram, activity diagram, class diagram serta diimplementasikan menggunakan Bahasa Pemrograman Microsoft Visual Basic 6.0 dengan Database MySql. Hasil analisis berupa aplikasi SPK dengan perbandingan metode AHP atau SAW dalam pengolahan data percetakan yang memberikan informasi alternatif pemilihan peralatan percetakan pada CV. Multigraf Purwodadi dengan lebih akurat.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 16:03
    Last Modified: 04 May 2017 16:03
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22299

    Actions (login required)

    View Item