GUSTIA, ALIM SHOFARUL (2017) IMPLEMENTASI DATA MINING PADA STRATEGI PENJUALAN HANDPHONE MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
| PDF Download (4Kb) | Preview |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang implementasi data mining pada salah satu perusahaan elekronik di kaliwungu kendal, yaitu NN Cellular. Perusahaan ini mempunyai banyak data transaksi penjualan yang disimpan dalam Ms. Excel. Data tersebut hanya berfungsi sebagai arsip, sehingga pada akhir tahun 2015 penjualan pada NN Cellular mengalami penurunan. Dalam perancangannya penelitian ini akan menggunakan metode apriori. Untuk melakukan proses clustering awalnya data mentah dipreprocessing untuk memperoleh jumlah barang yang terjual dari tiap-tiap barang. Kemudian hasil tersebut dibagi berdasarkan periode perharinya. Selanjutnya dilakukan clustering dengan algoritma apriori dan jumlah cluster yang digunakan akan terbagi menjadi 2 bagian yaitu gabungan 2-itemset dan 3-itemset. Untuk proses pengukuran validitas cluster menggunakan metode lift ratio. Proses penggalian data ini menggunakan tools yang sudah ada yaitu dengan menggunakan tools weka. Tujuan dari penelitian ini adalah agar NN Cellular dapat dengan mudah mengidentifikasi produk-produk terbaiknya dengan melihat hasil pengelompokan data yang terbentuk. Hasil dari penelitian ini adalah data transaksi dari bulan Oktober sampai Desember 2015 yang menampilkan 10 data transaksi terbaik dari kombinasi item-item yang terjual untuk dijadikan strategi penjualan. Kemudian hasil dari pengujian validitas yaitu berjumlah minimal 1 setiap gabungan itemset dari transaksi terbaik dari rata-rata periode yang diproses.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 04 May 2017 16:03 |
Last Modified: | 04 May 2017 16:03 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22315 |
Actions (login required)
View Item |