UDiNus Repository

PERANCANGAN MEJA MULTIFUNGSI MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) DENGAN MEMPERTIMBANGKAN ATRIBUT KANO PADA SERVICE OFFICE DI SEMARANG

MAJUS, SINAGA PANONDANG (2017) PERANCANGAN MEJA MULTIFUNGSI MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) DENGAN MEMPERTIMBANGKAN ATRIBUT KANO PADA SERVICE OFFICE DI SEMARANG. Skripsi,Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    INTISARI Keterbatasan ruangan ialah salah satu cara untuk menekan biaya sewa ruangan yang ada pada service office. Permasalahan yang erjadi pada service office ialah tidak ada tempat tas, draft, kabel dan kopi. Padahal atribut ini sangatlah diperlukan karena berfungsi untuk menjaga kenyamanan dan memperlancar proses karyawan saat bekerja. Dalam tugas akhir ini berisi tentang perancangan meja multifungsi yang sesuai dengan kebutuhan konsumen dengan metode quality function deployment (QFD) dengan mempertimbangkan atribut kano pada service office di semarang. Pada tahap awal dilakukan survey pendahuluan dengan 40 responden untuk mengidentifikasi atribut kano. Dari hasil pengembangan dan analisis yang dilakukan pada atribut kano didapatkan atribut pernyataan yang masuk pada kategori attractive yaitu desain meja memiliki kesesuaian dengan postur tubuh, memiliki kombinasi warna yang menarik, memiliki arga yang terjangkau, memiliki tempat kopi. Hasil atribut yang masuk dalam kategori attractive, one dimensional dan mustbe diolah lebih lanjut pada QFD. Kemudian pada metode quality function deployment, didapatkan target spesifikasi dalam perancangan meja kantor multifungsi yang paling besar kontribusinya adalah meja dapat digunakan sendiri dan jika digabung dapat dijadikan meja rapat degan bobot 1,72, memiliki fungsi tambahan yaitu sebagai tempat tas,draft dan kopi dengan bobot 1,69, sesuai dengan antropometri orang dewasa dengan bobot 1,053, Harga meja yang terjangkau yaitu kisaran Rp 700.000 – 1.500.000 dengan bobot 0,75, Menggunakan MDF 20 mm dengan bobot 0,68. Kata kunci: Meja Multifungsi, Atribut Kano, Quality Function Deployment ( QFD)

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Teknik > Teknik Industri
    T Technology > Teknik Industri
    Divisions: Fakultas Teknik
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 15:47
    Last Modified: 13 Dec 2017 15:47
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22391

    Actions (login required)

    View Item