UDiNus Repository

STRATEGI MEMINIMASI BIAYA PERAWATAN UNIT LUFFING CRANE 01 DI PT PELABUHAN INDONESIA III (persero) CABANG TANJUNG EMAS SEMARANG

DIAH, RAHAYU PUNGKY (2017) STRATEGI MEMINIMASI BIAYA PERAWATAN UNIT LUFFING CRANE 01 DI PT PELABUHAN INDONESIA III (persero) CABANG TANJUNG EMAS SEMARANG. Skripsi,Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    PT Pelabuhan Indonesia III (persero) atau lebih dikenal dengan sebutan Pelindo III merupakan salah satu badan usaha milik negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang jasa pelayanan operator terminal pelabuhan. Salah satu jenis alat mesin yang digunakan yaitu unit luffing crane 01. Pada penelitian ini mendeskripsikan pemilihan kebijakan repair dan preventive maintenance untuk unit luffing crane 01, dimana pada unit ini frekuensi downtime paling tinggi sehingga menyebabkan biaya perawatan melebihi budget yang telah disediakan perusahaan. Berdasarkan hal tersebut perlu dilakukan suatu penelitian untuk memilih kebijakan repair dan preventive maintenance policy yang paling efektif dan efisien serta perhitungan keandalan yaitu MTTF, MTTR, dan MTBF dengan mempertimbangkan faktor biaya, frekuensi breakdown, waktu downtime, dan waktu perbaikan. Dari pengolahan data yang dilakukan serta analisis yang didapatkan yaitu berupa jadwal maintenance untuk unit luffing crane 01 pada masing-masing klasifikasi kelas sparepart. Komponen kelas A menggunakan metode repair policy dengan biaya setara dengan Rp 267.269.- per bulan, komponen kelas B menggunakan metode preventive maintenance policy dengan biaya setara dengan Rp 901.937.- dan MTTR 0,008 hari, dan untuk komponen kelas C menggunakan metode preventive maintenance policy dengan biaya setara dengan Rp 716.667.- dan MTTR 0,12 hari.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Teknik > Teknik Industri
    T Technology > Teknik Industri
    Divisions: Fakultas Teknik
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 15:48
    Last Modified: 13 Dec 2017 15:48
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22417

    Actions (login required)

    View Item