UDiNus Repository

ANALISIS KESEIMBANGAN LINE ASSEMBLY REFRIGERATOR FINAL N2 DENGAN MENGGUNAKAN METODE RANKED POSITIONAL WEIGHT (RPW) PADA PT. HIT SAYUNG

ERLANGGA, HARTONO (2017) ANALISIS KESEIMBANGAN LINE ASSEMBLY REFRIGERATOR FINAL N2 DENGAN MENGGUNAKAN METODE RANKED POSITIONAL WEIGHT (RPW) PADA PT. HIT SAYUNG. Skripsi,Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF
Download (3805b) | Preview

    Abstract

    PT. Hartono Istana Teknologi (PT. HIT) merupakan salah satu perusahaan besar terletak di Jawa Tengah yang bergerak dalam bidang elektronik. Dari data output actual final assembly refrigerator dari tanggal 1 Desember 2016 sampai 24 Desember 2016 memiliki rataan 105 unit/jam, dimana target planning yaitu 120 unit/jam. Untuk memenuhi planning produksi yang telah disesuaikan dengan permintaan pasar, diperlukan keseimbangan lini lintasan agar tidak terjadi penumpukan material di salah satu stasiun kerja (bottleneck). Improvement dan investasi alat dilakukan perusahaan guna mempercepat waktu proses produksi. Dimana waktu yang digunakan dalam perakitan satu unit reffrigerator sebelum improvement yaitu 1209,47 detik dan sesudah improvement 1146,07 detik. Dengan menggunakan metode Ranked Positional Weight (RPW), perusahaan dapat mengurangi nilai balance loss dari 17% menjadi 15% dimana nilai tersebut merupakan nilai maksimal balance loss yang dikehendaki perusahaan.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Teknik > Teknik Industri
    T Technology > Teknik Industri
    Divisions: Fakultas Teknik
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 15:48
    Last Modified: 13 Dec 2017 15:48
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22421

    Actions (login required)

    View Item