UDiNus Repository

RANCANG BANGUN ALAT PEREBUS BAHAN PEWARNA ALAMI TEKSTIL UNTUK MEMPERSINGKAT WAKTU PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYEMENT (QFD)

AHMAD, NURFAIZIN (2017) RANCANG BANGUN ALAT PEREBUS BAHAN PEWARNA ALAMI TEKSTIL UNTUK MEMPERSINGKAT WAKTU PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYEMENT (QFD). Skripsi,Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Proses pembuatan pewarna alam untuk tekstil umumnya berbentuk cair untuk mengambil pigmen warna atau ekstrak yang berada di dalam tumbuhan baik terdapat pada daun, batang, buah, bunga, biji ataupun akar. proses perebusan untuk menghasilkan pewarna alam menggunakan tungku kuningan dengan dibakar menggunakan kayu bakar. Hasil percobaan di UKM Omah sawah dengan bahan pewarna alami biji jolawe sebanyak 600 gram bahan dengan 3 liter air (perbandingan bahan dengan air adalah 1:5) waktu mulai merebus bahan sampai selesai merebus dibutuhkan waktu kurang lebih 1 jam. Lama waktu menunggu dari air mendidih hingga dingin tersebut memakan waktu kurang lebih 30 menit, penyaringan dengan media kain katun. Pengoptimalan efektivitas dan efisiensi proses perebusan pewarna alami dalam hal ini sudah menjadi kebutuhan dan cara untuk merealisasikan hal tersebut yaitu dengan merancang suatu alat sebagai awal dari usaha merealisasikan kebutuhan. Metode yang digunakan dalam perancangan alat tersebut harus sistematis dalam tiap tahapan untuk menghasilkan solusi yang potensial. Hasil perancangan alat perebus pewarna alami tekstil untuk meningkatkan produktifitas menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD) didapatkan hasil yaitu dengan input bahan 3 kg tanaman/biji jalawe untuk menghasilkan ±2,5 liter bahan pewarna dengan perbandingan 1kg tanaman/biji : 5 liter air, hasil rancangan alat perebus mampu mengoptimalkan tingkat efektifitas yaitu rata-rata waktu proses perebusan dengan alat yang dirancang yaitu 60 menit dengan didapatkan hasil perhitungan produksi pasta per hari mencapai 8 Kg dengan kualitas kesamaan kekentalan sesuai standar yang diharapkan UKM. dengan analisis pendapatan per satu kali produksi dapat naik menjadi sebesar Rp 1.013.042,00. ?

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Teknik > Teknik Industri
    T Technology > Teknik Industri
    Divisions: Fakultas Teknik
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 15:48
    Last Modified: 13 Dec 2017 15:48
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22425

    Actions (login required)

    View Item