UDiNus Repository

Usulan Perbaikan Penyebab Cacat Pada Proses Pengemasan Produk Minuman Serbuk Marimas Di PT. Marimas Putera Kencana Dengan Menggunakan Metode Failure Mode And Effect Analysis (FMEA) dan Fault Tree Analysis (FTA)

GAYUH, SAMBODO PRIO (2017) Usulan Perbaikan Penyebab Cacat Pada Proses Pengemasan Produk Minuman Serbuk Marimas Di PT. Marimas Putera Kencana Dengan Menggunakan Metode Failure Mode And Effect Analysis (FMEA) dan Fault Tree Analysis (FTA). Skripsi,Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    PT. Marimas Putera Kencana merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri minuman serbuk. Produk yang dihasilkan diantaranya PT. Marimas Putera Kencana Semarang merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi minuman serbuk. Hingga kini, perusahaan tersebut telah memproduksi berbagai varian rasa minuman serbuk. Salah satu minuman serbuk yang menjadi produk andalannya adalah Marimas, tetapi juga telah diproduksi produk lain sepeti mari Teh, Es Puter, Teh Arum dan pop Up. Saat ini juga telah diproduksi Fruitz-C yang merupakan produk dengan pangsa pasar menengah keatas. Terdapatnya data jumlah produk reject yang melebihi ring pada tahun 2016 menjadi permasalahan yang besar. Dari permasalahan tersebut perlu dilakukan pengendalian kualitas agar mengurangi jumlah produk gagal. Upaya yang dilakukan untuk pengendalian produk gagal tersebut adalah dengan menggunakan metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) dan metode Fault Tree Analysis (FTA) untuk mengidentifikasi dan menganalisa kegagalan yang terjadi. Tujuan dari penggunaan FMEA adalah untuk mengetahui moda kegagalan mana yang terjadi memiliki nilai RPN paling tinggi dengan cara mengalikan tingkat keparahan, kejadian, dan deteksi. Selanjutnya moda kegagalan dengan nilai RPN diatas 100 dijadikan sebagai top event pada diagram FTA. Metode FTA digunakan untuk mengetahui akar penyebab kegagalan yang terjadi. Pada PT.Marimas Putera Kencana moda kegagalan yang nilai RPNnya diatas 100 ada tiga yaitu seal kurang baik dengan nilai 512, berat tidak sesuai dengan nilai 252 dan timing dengan nilai 128. Penyebab kegagalan terjadi karena mesin, operator, dan row material

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Teknik > Teknik Industri
    T Technology > Teknik Industri
    Divisions: Fakultas Teknik
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 15:48
    Last Modified: 13 Dec 2017 15:48
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22428

    Actions (login required)

    View Item