UDiNus Repository

Usulan Perbaikan Kualitas Gentang CV. Genteng Makmur Jaya dengan Menggunakan Pendekatan Metode Quality Control Circle ( QCC)

OKKY, RISA ASKUA (2017) Usulan Perbaikan Kualitas Gentang CV. Genteng Makmur Jaya dengan Menggunakan Pendekatan Metode Quality Control Circle ( QCC). Skripsi,Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF
Download (3976b) | Preview

    Abstract

    Di dalam era globalisasi, sektor industri memegang peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Kualitas produk semata-mata ditentukan oleh konsumen sehingga kepuasan konsumen hanya dapat dicapai dengan memberikan kualitas yang baik. Karena di CV. Genteng Makmur Jaya sering terjadi cacat produk dalam 1 tahun terakhir sebesar 7.705 biji. Untuk mengatasi masalah tersebut maka metode yang cocok untuk mengendalikan mutu produk dan mengurangi jumlah produk yang cacat adalah dengan menggunakan metode Quality Control Circle (QCC). Setelah dilakukan pengamatan pada proses produksi genteng di dapatkan 5 jenis cacat yang sering terjadi adalah pecah dengan jumlah cacat sebanyak 1706 biji, diikuti jenis cacat goresan sebanyak 1635 biji, warna sebanyak 1430 biji, berkrikil/berakar sebanyak 1412 biji dan jenis cacat rapuh/retak sebanyak 1522 biji. Untuk mengurangi cacat produk dibuatlah sebuah SOP yang akan digunakan saat produksi, yang berfungsi sebagai pedoman atau acuan saat melakukan proses produksi pada produk, agar kualitas yang dihasilkan baik dan tidak ada barang cacat yang lolos saat produksi berlangsung. Dan hasil dari perbaikan dengan SOP yang baru terbukti bisa menurunkan persentase total cacat dari 5.19% turun menjadi 4.19% dari jumlah produk yang cacat.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Teknik > Teknik Industri
    T Technology > Teknik Industri
    Divisions: Fakultas Teknik
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 15:48
    Last Modified: 13 Dec 2017 15:48
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22429

    Actions (login required)

    View Item