UDiNus Repository

PERANCANGAN ALAT BANTU PRODUKSI BISBAN UNTUK MENGOPTIMALKAN PROSES PRODUKSI BISBAN PADA UMKM ARIF SPORT MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)

NOVAN, RIFQI FAIQ (2017) PERANCANGAN ALAT BANTU PRODUKSI BISBAN UNTUK MENGOPTIMALKAN PROSES PRODUKSI BISBAN PADA UMKM ARIF SPORT MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD). Skripsi,Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Perkembangan zaman semakin lama membutuhkan alat yang dapat mempercepat sebuah preoses produksi, dalam Persaingan Bisnis dimana akan menuntut untuk menerapkan rencana strategis demi memenuhi kebutuhan konsumen dalam peningkatan kualitas dan pengurangan biaya serta waktu produksi. Produk yang sukses merupakan produk yang mampu memberi manfaat sesuai dengan yang di persepsikan oleh konsumen. UMKM arif sport adalah UMKM yang memproduksi bisban dan sekarang ini menjadi pusat dari pembelian dan pemesanan bahan baku pembuatan tas berupa bisban yang berada di wilayah desa Loram Kulon Kecamatan Jati Kabupaten kudus, Bisban merupakan sebuah produk yang digunakan untuk melengkapi susunan dari pembuatan sebuah produk tas Kondisi yang sedang di hadapi oleh UMKM Arif Sport adalah pemilahan warna atau bentuk bisban yang masih manual. Dalam Tugas Akhir ini berisi tentang perancangan alat bantu proses produksi bisban yang sesuai dengan kebutuhan konsumen menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD). Pada perhitungan metode QFD dengan mengolah 8 atribut pernyataan pada kuesioner tingkat kepentingan dan tingkat kepuasan. Kemudian didapatkan target spesifikasi dalam perancangan yang paling besar nilai kontribusinya, dari pengujian yang dilakukan waktu yang didapat saat proses pemilahan bisban yang diperoleh adalah Sebelum memakai alat bantu produksi bisban yaitu 98 menit dan setelah menggunakan alat bantu produksi bisban yaitu 20 menit.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Teknik > Teknik Industri
    T Technology > Teknik Industri
    Divisions: Fakultas Teknik
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 15:48
    Last Modified: 13 Dec 2017 15:48
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22433

    Actions (login required)

    View Item