UDiNus Repository

PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU KERIPIK SINGKONG DI CV. 2 UDANG BAWANG DENGAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) DAN SIMULASI VENSIM

MUHAMMAD, KHARIS JUNDAN (2017) PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU KERIPIK SINGKONG DI CV. 2 UDANG BAWANG DENGAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) DAN SIMULASI VENSIM. Skripsi,Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku dengan Menggunakan Metode EOQ (Economic Order Quantity) pada CV 2 Udang Bawang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah pesanan bahan baku optimal (EOQ), total biaya persediaan bahan baku, titik pemesanan kembali, frekuensi pesanan, dan penerapan metode EOQ pada CV 2 Udang Bawang dalam upaya optimalisasi biaya persediaan. Penerapan metode ini memang menekankan betapa pentingnya pengendalian persediaan bahan baku untuk perusahaan dalam melakukan proses produksi. Penelitian dan hasil perhitungan yang dilakukan, apabila menggunakan metode EOQ dalam pengadaan bahan baku akan didapatkan penghematan biaya.. Jika penyelenggaraan bahan baku didasarkan pada metode EOQ terdapat penghematan biaya tahun 2014 sebesar Rp. 35.707.733,00 , tahun 2015 sebesar Rp36.520.320,00, tahun 2016 sebesar Rp. 59.957.683,00, Dengan demikian berarti ada perbedaan yang sangat nyata antara kebijaksanaan persediaan yang dilakukan menurut perusahaan dengan perhitungan menurut EOQ. Total biaya persediaan bahan baku yang dihitung menurut EOQ lebih sedikit dibandingkan yang dikeluarkan oleh perusahaan, maka ada penghematan biaya persediaan bahan baku bila perusahaan menggunakan metode EOQ dalam persediaan bahan bakunya. Saran yang dapat penulis sampaikan adalah perusahaan sebaiknya meninjau kembali kebijakan persediaan bahan baku yang selama ini telah dilakukan,perusahaan sebaiknya menentukan besarnya persediaan pengaman (Safety Stock), pemesanan kembali (Reorder Point), dan persediaan maksimum (Maximum Inventory) untuk menghindari resiko kehabisan bahan baku (Stock Out) dan juga kelebihan bahan baku sehingga dapat meminimalisasi biaya bahan baku bagi perusahaan.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Teknik > Teknik Industri
    T Technology > Teknik Industri
    Divisions: Fakultas Teknik
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 15:49
    Last Modified: 13 Dec 2017 15:49
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22437

    Actions (login required)

    View Item