UDiNus Repository

PERANCANGAN MEJA DAN KURSI RUANG TAMU PERUMAHAN MINIMALIS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KANO DAN QFD (QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT)

STEPHANO, PRATIKTO CHRIS (2017) PERANCANGAN MEJA DAN KURSI RUANG TAMU PERUMAHAN MINIMALIS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KANO DAN QFD (QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT). Skripsi,Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Perkembangan dunia properti semakin lama semakin meningkat terutama pada kota-kota besar. Hal ini seiring dengan jumlah penduduk dan kebutuhan akan hunian dan tempat tinggal yang sangat pesat. Undang-Undang Dasar RI No. 4 tahun 1992 tentang perumahan dan pemukiman mendefinisikan bahwa rumah adalah bangunan yang berfungsi sebagai tempat tinggal atau hunian dan sarana pembinaan keluarga. Maka dari itu perlu adanya upaya dalam membangun dan memanfaatkan spesifikasi dari rumah tersebut khususnya perumahan minimalis atau sederhana. Sebuah cara pandang dalam melihat desain sebagai refleksi ada pada bagian ruang tamu yang menjadi tolak ukur penggunaan desain atau produk yang akan memberikan nilai tersendiri bagi penghuni dan pengunjung. Keterbatasan ukuran ruang tamu dalam perumahan minimalis menjadi suatu kendala untuk memadukan ruang tamu ke objek produk khususnya meja dan kursi, dikarenakan keterbatasan ruang. Pada surve pendahuluan 60,5 % responden menyatakan bahwa produk meja dan kursi pada ruang tamu belum sesuai dengan ukuran ruang tamu yang ada dan tidak sesuai dengan desain proporsi dalam penggunaanya. Dalam tugas akhir ini berisi tentang perancangan meja dan kursi ruang tamu perumahan minimalis dengan model kano dan Quality Function Deployment (QFD). Dari hasil kano didapatkan 12 peryataan dengan pengeleminasian 2 pernyataan yang bersifat indefferent. Kemudian pada metode QFD dengan mengolah sisa model kano didapatkan 10 pernyataan yang kemudian diolah menggunakan data kuesioner tingkat kepentingan dan kepuasan, kemudian pada pengolahan selanjutnya didapatkan target spesifikasi dalam perancangan produk tersebut dengan nilai contributions dan normalized contribution yang paling besar yaitu 3,116 dan 0,249. Perancangan dan pengembangan yang paling di prioritaskan adalah keamanan dan kenyamanan yang meliputi meja dan kursi memiliki lapisan finishing yang baik, memiliki sandaran tangan dibagian samping, memiliki model berbentuk persegi panjang dan meja memiliki pondasi dengan empat kaki.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Teknik > Teknik Industri
    T Technology > Teknik Industri
    Divisions: Fakultas Teknik
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 15:49
    Last Modified: 13 Dec 2017 15:49
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22444

    Actions (login required)

    View Item