UDiNus Repository

Peran Lingkungan Keluarga Dan Sekolah Terhadap Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 06 Petarukan dengan SD Al-Irsyad Di Kabupaten Pemalang

FRIGA, YUGA SATRIA (2017) Peran Lingkungan Keluarga Dan Sekolah Terhadap Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 06 Petarukan dengan SD Al-Irsyad Di Kabupaten Pemalang. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (5Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK FRIGA SATRIA YUGA PERDANA XX + 61 Hal + 2 gambar + 21 tabel + 2 bagan + 4 lampiran PERAN LINGKUNGAN KELUARGA DAN SEKOLAH TERHADAP PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 06 PETARUKAN DENGAN SEKOLAH DASAR AL-IRSYAD DI KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2016 PHBS adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan atas kesadaran sehingga anggota keluarga atau keluarga dapat menolong dirinya sendiri dibidang kesehatan dan berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan di masyarakat. Tujuan dalam penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh peran orang tua dan peran sekolah terhadap perilaku hidup sehat dan bersih. Dengan mengunakan analisis Uji T, Unvariat dan analisis Bivariat. Jenis penelitian ini adalah Penelitian explanatory research yaitu menjelaskan hubungan antara variabel penelitian melalui suatu pengujianhipotesis, Dengan metode cross sectional yaitu peneliti hanya mengobservasi fenomena pada satu titik waktu tertentu. Dari penelitian yang dilakukan penulis di dapatkan hasil bahwa ada pengaruh antara peran lingkungan keluarga dan llingkungan sekolah terhadap perilaku hidup bersih dan sehat pada siswa SDN 06 Petarukan dan SD Al-Irsyad Pemalang. Berdasarkan analisa uji Rank Spearman pada uji pengaruh peran keluarga terhadap PHBS, didapatkan hasil (p value = 0,019, r = 0,262), hasil uji tersebut dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh peran lingkungan sekolah terhadap PHBS. Kemudian berdasarkan analisa uji Rank Spearman pada uji pengaruh peran sekolah terhadap PHBS, didapatkan hasil (p value = 0,000, r = 0,564), hasil uji tersebut dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh peran lingkungan sekolah terhadap PHBS. Ada hubungan yang bermakna antara peran keluarga terhadap kebiasaan perilaku hidup bersih dan sehat pada kedua sekolah dasar (p-value 0,019), dan ada hubungan yang bermakna antara peran sekolah terhadap kebiasaan perilaku hidup bersih dan sehat pada kedua sekolah dasar ( p-value 0,000). Diharapkan baik lingkungan sekolah maupun keluarga dapat memberikan motivasi atau arahan kepada anak agar dapat berprilaku yang sehat dan dapat menjaga kebersihan lingkungan. Kata Kunci : Perilaku, PHBS, Kesehatan Kepustakaan : 22, (2002-2014)

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 15:55
    Last Modified: 13 Dec 2017 15:55
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22453

    Actions (login required)

    View Item