UDiNus Repository

Analisis Faktor Penyebab Terjadinya Duplikasi Nomor Rekam Medis di Bagian Pendaftaran Rumah Sakit PKU Muhammadiyah GombongTahun 2017

ELI, PURWATI (2017) Analisis Faktor Penyebab Terjadinya Duplikasi Nomor Rekam Medis di Bagian Pendaftaran Rumah Sakit PKU Muhammadiyah GombongTahun 2017. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4040b) | Preview

    Abstract

    Dalam menjaga kelangsungan suatu rumah sakit agar bisa menjalankan pelayanan dan pengembangan diperlukan pengelolaan rumah sakit yang efisien. Salah satunya adalah penyelenggaraan rekam medis yang baik. Hasil pengamatan peneliti di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah gombong masih sering ditemukan duplikasi nomor rekam medis di mana satu pasien mempunyai lebih dari 1 nomor RM yang berdampak pada kesalahan tindakan karena tindakan terakhir bukan yang terakhir dipergunakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa faktor penyebab terjadinya duplikasi nomor rekam medis. Dan tujuan khususnya untuk menggambarkan sistem penomoran, menggambarkan sistem penamaan, mengidentifikasi SPO dan mengidentifikasi Sarana kerja di bagian pendaftaran Rumah Sakit PKU Muhammadiyah gombong Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan metode penelitian pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi . Penelitian memperoleh hasil bahwa sistem penomoran dan sistem penamaan pasien di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gombong sudah dilaksanakan oleh petugas pendaftaran, akan tetapi isi dari SPO nya belum menjelaskan secara rinci alur kerja petugas sehingga duplikasi nomor rekam medis masih terjadi. Sarana pelacakan nomor rekam medis pasien di SIM RS juga belum maksimal karena hanya bisa melakukan pencarian berdasarkan nama depan pasien.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 15:55
    Last Modified: 13 Dec 2017 15:55
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22462

    Actions (login required)

    View Item