UDiNus Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KELENGKAPAN IMUNISASI DASAR PADA BAYI USIA 9-12 BULAN DI KELURAHAN RANDUSARI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PANDANARAN KOTA SEMARANG TAHUN 2017

DEWI, SULISTYONINGRUM (2017) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KELENGKAPAN IMUNISASI DASAR PADA BAYI USIA 9-12 BULAN DI KELURAHAN RANDUSARI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PANDANARAN KOTA SEMARANG TAHUN 2017. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Imunisasi adalah upaya untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit yang bisa saja menimbulkan kecacatan atau kematian akibat penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi, yaitu Hepatitis B, Difteri, Pertusis, Tetanus, Polio, Tuberkulosis dan Campak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kelengkapan imunisasi pada bayi usia 9-12 bulan di Kelurahan Randusari Wilayah Kerja Puskesmas Pandanaran Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Sampel penelitian adalah ibu yang memiliki bayi usia 9-12 bulan di Kelurahan Randusari Puskesmas Pandanaran Semarang sebanyak 30 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan uji Chi Square dengan batas nilai ?=5% atau p=0,05. Hasil uji statistik menunjukan bahwa tidak ada hubungan antara pengetahuan ibu (p=0,360), sikap ibu (p=0,378), pelayanan petugas (p=0,641) dan dukungan keluarga (p=1,000) dengan kelengkapan imunisasi. Saran kepada petugas kesehatan Puskesmas Pandanaran sebaiknya melakukan kegiatan penyuluhan kepada masyarakat secara rutin. Kepada ibu bayi agar mengimunisasikan anaknya tepat waktu. Kepada kader agar memantau dan menyebarluaskan informasi tentang imunisasi pada seluruh masyarakat.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 15:56
    Last Modified: 13 Dec 2017 15:56
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22463

    Actions (login required)

    View Item