UDiNus Repository

TINJAUAN KELENGKAPAN PENGISIAN DOKUMEN REKAM MEDIS PADA LEMBAR RESUME MEDIS RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT ISLAM KENDAL TAHUN 2016

SINTA, YUANA (2017) TINJAUAN KELENGKAPAN PENGISIAN DOKUMEN REKAM MEDIS PADA LEMBAR RESUME MEDIS RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT ISLAM KENDAL TAHUN 2016. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Kelengkapan lembar resume medis rawat inap di Rumah Sakit Islam Kendal tahun 2016 masih terdapat item yang tidak lengkap serta protap pengisian lembar resume medis belum dilakukan secara maksimal oleh dokter, sehingga menghambat proses pengelolaan rekam medis. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghitung jumlah kelengkapan pengisian lembar resume medis berdasarkan analisa kuantitatif, menjelaskan prosedur pengisian dan kendala dalam meneliti kelengkapan lembar resume medis rawat inap. Penelitian dalam studi ini adalah deskriptif dengan metode observasi, dengan menggunakan tabel ceklist kelengkapan dan wawancara. Populasi dalam penelitian sebanyak 3.711 dokumen rekam medis dan didapatkan sampel sebanyak 97 lembar resume medis rawat inap yang diambil secara acak dengan menggunakan rumus slovin. Hasil penelitian dari 4 review kelengkapan lembar resume medis rawat inap menunjukkan review identifikasi sebanyak 78 lembar (81,18%), pelaporan 76 lembar (78,5%), pencatatan 64 lembar (65,97%), autentifikasi 83 lembar (86,07%). Prosedur pelaksanaan untuk pengisian lembar resume medis rawat inap sebesar 70% dilaksanakan dan sebesar 30% tidak dilaksanakan oleh petugas rekam medis. Kendala yang ditemukan dalam meneliti kelengkapan resume medis rawat inap terdapat pada review pelaporan, pencatatan dan autentifikasi. Disarankan agar diadakannya pelatihan untuk dokter atau tenaga kesehatan lainnya tentang pengisian kelengkapan data rekam medis khususnya pada lembar resume medis rawat inap, membuat prosedur yang terinci tentang pengisian resume medis rawat inap.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 15:56
    Last Modified: 13 Dec 2017 15:56
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22465

    Actions (login required)

    View Item