UDiNus Repository

TINJAUAN PELAKSANAAN STANDAR AKREDITASI KARS BERDASARKAN STANDAR MANAJEMEN KOMUNIKASI DAN INFORMASI (MKI) 16 DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KELET PERIODE APRIL 2017

ENDANG, ISMIYATI (2017) TINJAUAN PELAKSANAAN STANDAR AKREDITASI KARS BERDASARKAN STANDAR MANAJEMEN KOMUNIKASI DAN INFORMASI (MKI) 16 DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KELET PERIODE APRIL 2017. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Standar Manajemen komunikasi dan informasi ke 16 (MKI-16) berfokus pada kerusakan, kehilangan dan perlindungan dokumen dari gangguan, akses serta gangguan dari yang tidak sah. Di RSUD Kelet terdapat misfile dokumen rekam medis, dokumen rekam medis menumpuk di rak, dan ruang filing bocor saat musim hujan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan standar MKI 16 di RSUD Kelet. Penelitian ini adalah penelian deskriptif, pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan terakhir petugas filing adalah SLTA. Lama kerja petugas 6 bulan, dan petugas belum pernah mengikuti pelatihan. Tersedia kebijakan dan prosedur serta sosialisasi tentang filing. Sarana/prasarana masih ada yang kurang. Beberapa petugas tidak optimal (100%) dalam menjalankan protap. Penilaian protap dengan elemen penilaian standar MKI 16 tidak sesuai. Terdapat kendala pada kegiatan filing namun sudah ada upaya untuk mengatasi kendala tersebut. Pelaksanaan standar MKI 16 diperlukan pendidikan dan pelatihan, perhitungan ulang kebutuhan rak filing, pemeliharaan ruang filing, pelaksanaan protap 100%. Mengimplementasikan kode warna dan menjaga kerapian dokumen rekam medis.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 15:56
    Last Modified: 13 Dec 2017 15:56
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22468

    Actions (login required)

    View Item