UDiNus Repository

TINJAUAN PELEPASAN INFORMASI MEDIS UNTUK KEPERLUAN VISUM ET REPERTUM DILIHAT DARI STANDAR OPRASIONAL PROSEDUR DAN HUKUM KESEHATAN YANG ADA DIRUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR.REHATTA KELET KABUPATEN JEPARA TAHUN 2017

DUWI, ATMIANINGSIH (2017) TINJAUAN PELEPASAN INFORMASI MEDIS UNTUK KEPERLUAN VISUM ET REPERTUM DILIHAT DARI STANDAR OPRASIONAL PROSEDUR DAN HUKUM KESEHATAN YANG ADA DIRUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR.REHATTA KELET KABUPATEN JEPARA TAHUN 2017. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    RSUD Dr.Rehatta Kelet Kabupaten Jepara merupakan rumah sakit tipe C dimana Unit Rekam Medisnya, melayani pelepasan informasi medis pasien keperluan visum et repertum untuk pembuktian tindak pidana dipengadilan. Pelayanan pelepasan informasi medis pasien diatur dalam SOP (445/484/2005/RevII) tapi untuk keperluan visum et repertum belum ada SOPnya secara spesifik padahal dengan SOP dapat digunakan untuk mengevaluasi mutu pelayanan, supaya tidak terjadi kesalahan dalam proses pelayanan. Pengetahuan petugas dan pasien kurang tentang tata cara pelepasan informasi keperluan visum et repertum. Jenis penelitian adalah deskriptif dengan metode survei dan pendekatan retrospektif. Populasi adalah data permintaan visum et repertum ditahun 2016 berdasarkan observasi data. Dari hasil penelitian menunjukkan sudah ada Standar Operasional Prosedur pelepasan dokumen. Tapi Belum ada standar oprasional prosedur keperluan visum et repertum. Dari populasi 17 data permintaan visum, telah dilaksanakan sesuai pemberitahuan dari koordinator pengolahan data namun tidak sesuai dengan teori. Petugas tidak mengetahui pangkat anggota kepolisian yang tertera dalam surat permonan visum dan sebanyak 65% pasien belum mendapatkan informasi keperluan visum dari unit rekam medis. Disarankan pembuatan Standar Operasional Prosedur untuk keperluan visum et repertum, mutu pelayanan yang lebih baik, dan pemberitahuan kepada pasien dalam bentuk selebaran di papan informasi atau informasi langsung untuk pasien tentang tata cara pelaksanaan pemintaan visum et repertum.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 15:56
    Last Modified: 13 Dec 2017 15:56
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22473

    Actions (login required)

    View Item