UDiNus Repository

TINJAUAN PENYEBAB KETIDAKTEPATAN KODE DIAGNOSA UTAMA PADA PROSES KLAIM BPJS RAWAT INAP DIRUMAH SAKIT UMUM DAERAH UNGARAN PADA TAHUN 2017

YUNA, SOFIANA SURYA (2017) TINJAUAN PENYEBAB KETIDAKTEPATAN KODE DIAGNOSA UTAMA PADA PROSES KLAIM BPJS RAWAT INAP DIRUMAH SAKIT UMUM DAERAH UNGARAN PADA TAHUN 2017. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    BPJS Kesehatan merupakan badan penyelenggara jaminan kesehatan yang akan membayar biaya pelayanan kesehatan pasien kepada fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjut dengan menggunakan sistem paket INA CBG’s. Tujuan dari penelitian ini adalah Mendeskripsikan proses pengkodean diagnosis utama pasien pada berkas rekam medis pasien BPJS Rawat Inap Mendeskripsikan prosedur klaim BPJS Rawat Inap di RSUD Ungaran,Mendeskripsikan diagnosis utama dan kode diagnosis utama pada DRM yang klaimnya dikembalikan,Mendeskripsikan penyebab ketidaktepatan kode diagnosis utama pada proses klaim BPJS Rawat Inap. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, pengumpulan data dengan observasi dan wawancara kepada petugas koing dan petugas verifikator BPJS terkait dengan ketidaktepatan penulisan kode diagnosa utama dalam proses klaim BPJS Rawat Inap. Hasil dari penelitian ini yaitu diagnosa gabungan dengan kode I10 & N18,0 yaitu ESRD&Hypertensi merupakan diagnosa utama terbanyak, yaitu 22,5%. kode diagnosa utama yang dikode oleh pihak verifikator dan grouper INA CBGs, kode I12.0 merupakan kode diagnosa utama terbanyak, yaitu 22,5%.dan penyebab ketidaktepatan karena penetapan kode yang tidak sesuai dengan diagnosa utama Perlu meningkatkan ketelitian dalam proses pengkodean diagnosa utama pada data rekam medis sehingga mampu menghasilkan data yang akurat. Petugas koder perlu menambah wawasan dalam mengkode diagnosa dengan mengikuti beberapa pelatihan tentang pengkodean diagnosa.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 15:56
    Last Modified: 13 Dec 2017 15:56
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22476

    Actions (login required)

    View Item