UDiNus Repository

PENETAPAN KODE EXTERNAL CAUSE KASUS KECELAKAAN LALU LINTAS PADA TRIWULAN PERTAMA PASIEN RAWAT INAP DIRUMAH SAKIT DAERAH UNGARAN KOTA SEMARANG TAHUN 2017

AYU, VAQUARISTA FEBI (2017) PENETAPAN KODE EXTERNAL CAUSE KASUS KECELAKAAN LALU LINTAS PADA TRIWULAN PERTAMA PASIEN RAWAT INAP DIRUMAH SAKIT DAERAH UNGARAN KOTA SEMARANG TAHUN 2017. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK AYU FEBI VAQUARISTA PENETAPAN KODE EXTERNAL CAUSE KECELAKAAN LALU LINTAS PADA TRIWULAN PERTAMA PASIEN RAWAT INAP DIRUMAH SAKIT DAERAH UNGARAN KOTA SEMARANG TAHUN 2017 xvii + 65 hal + 5 tabel + 1 gambar + 7 lampiran Kode external cause (penyebab luar) adalah kodefikasi yang harus di sertakan pada setiap dokumen kasus kecelakaan, cidera dan keracunan. Maka koder setiap rumah sakit harus menguasai cara pengkodean penyakit sesuai dengan kaidah ICD-10. Hasil survey setiap kasus kecelakaan didapatkan 100 % tidak menyertakan kode external cause. Menurut WHO tahun 2010, pengkodean diagnosis untuk kasus kecelakaan harus disertakan pengkodingan external cause untuk memaparkan sifat kondisi dan keadaan yang ditimbulkannya. Tujuan penelitian ini adalah menetapkan kode external cause pasien kasus kecelakaan lalu lintas di RSUD Ungaran Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Jumlah populasi pasien kasus kecelakaan lalu lintas pada triwulan pertama tahun 2017 yaitu 126 pasien dengan sampel sebanyak 56 tetapi hanya 50 yang dapat dikode sesuai kriteria inklusi Diagnosa utama terbanyak adalah CKR ( cedera kepala ringan) sebesar 36%. Kecelakaan kendaraan terbanyak adalah sepeda motor sebesar 84%. Temapt kejadian kecelakaan adalah jalan raya 100%. Aktivitas yang menyebabkan kecelakaan tidak diketahui ( unspecified). Penetapan kode external cause terbanyak yaitu kode V28.9 sebesar 24% artinya kecelakaan terjadi karena pasien terjatuh dari motor. Sebaiknya RSUD Ungaran menetapkan standart operasional prosedur tentang langkah- langkah menetapkan kode external cause (penyebab luar). Dan melengkapi setiap anamnesa pasien kasus kecelakaan lalu lintas agar dapat dapat dikode secara lengkap dan akurat.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 15:56
    Last Modified: 13 Dec 2017 15:56
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22478

    Actions (login required)

    View Item